Wisata religi makam sultan Hadlirin di Desa Mantingan Tahunan Jepara

Rifqi Aziz, Muhammad (2021) Wisata religi makam sultan Hadlirin di Desa Mantingan Tahunan Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036155_MUHAMMAD_RIFQI_AZIZ] Text (SKRIPSI_1601036155_MUHAMMAD_RIFQI_AZIZ)
1601036155_M._Rifqi_Aziz_Full_Skripsi - Muhammad Rifqi Aziz.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan penelitian dengan jenis penelitian Kualitatif. Data primer adalah hasil wawancara mendalam (in-depth Interview) dan observasi. Data sekunder yaitu library research (penelitian kepustakaan) berupa jurnal, buku, dokumen dan lain-lain yaitu menjadi rujukan dan relevan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisi data menggunakan analisi deskriptif.
Hasil pembahasan menunjukan bahwa Sultan Hadlirin memiliki potensi daya tarik wisata yang cukup besar karena berdasarkan penemuan penelitian bahwa wisata religi makam Sultan Hadlirin dikelola dengan baikdan menerapkan tujuh unsur sapta pesona yaitu aman, tertib, bersih, indah, sejuk, ramah tamah, dan kenangan. Dengan adanya unsur sapta pesona mengingatkan kepada masyarakat desa Mantingan untuk menjadi tuan rumah yang baik dengan menciptakan lingkungan dan suasana yang kondusif dan mampu mendorong berkembangnya industri pariwisata. Apa yang menjadi daya tarik wisata religi makam Sultan Hadlirin di desa Mantingan Tahunan Jepara yaitu jalan menuju makam juga sangat mudah karena jarak antara makam dan Jalan raya Jepara Kudus tidak terlalu jauh, tempat yang bersih dan aman sehingga peziarah merasa nyaman, sarana dan prasarana seperti toilet, masjid, tempat sampah, Alquran, buku tahlil juga sudah disediakan serta jasa Sultan Hadlirin dalam menyebarkan agama Islam dan membangun Jepara juga menjadi daya tarik wisatawan. Perjalanan beliau menyebarkan agama islam dan membangun jepara menjadikan banyak masyarakat yang datangan untuk berziarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wisata religi; makam Sultan Hadlirin; Sapta Pesona
Subjects: 700 The arts > 720 Architecture > 726 Buildings for religious purposes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:22
Last Modified: 03 Jan 2023 03:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18832

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics