Implementasi metode perlafass tipkas dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Al-Azhar Gresik

Muhyidin, Muhamad (2022) Implementasi metode perlafass tipkas dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Al-Azhar Gresik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016186_Muhamad Muhyidin_Lengkap] Text (Skripsi_1803016186_Muhamad Muhyidin_Lengkap)
1803016186_Muhamad Muhyidin_Lengkap Tugas Akhir - Muhamad Muhyidin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Perlafass Tipkas dalam menghafal al-Qur’an di P.P. Modern Al-Azhar Gresik. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan, bagaimana implementasi metode Perlafass Tipkas dalam menghafal al-Qur’an di P.P. Modern Al-Azhar Gresik. P.P. Modern Al-Azhar Gresik adalah Pondok Pesantren Tah}fi>z}ul Qur’an yang menerapkan metode khusus, yaitu metode Perlafass Tipkas dengan percepatan 40 hari. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber datanya menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya melalui tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan dengan merefleksi kembali terhadap apa yang ditemukan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Perlafass Tikas dalam menghafal al-Qur’an di P.P. Modern Al-Azhar Gresik adalah: Pertama, bagi santri yang telah memiliki hafalan 10 juz dan telah teruji oleh pengasuh, maka santri dapat mengikuti program hafalan al-Qur’an. Kedua, dilihat dari kemampuan hafalan 6 orang santri yang meliputi 4 orang alumni dan 2 santri diperoleh sebesar 66,7% mampu menerapkan ilmu tajwid, 70,8% fasih dalam melafalkan bacaan al-Qur’an, dan 79,2% lancar dalam hafalan al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Metode menghafal; Kualitas hafalan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:27
Last Modified: 02 Jan 2023 02:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18846

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics