Implementasi bimbingan dan penyuluhan Islam pada santri mantan remaja nakal di Pondok Pesantren Condromowo Ngawi

Ridho, Muhammad Ali (2022) Implementasi bimbingan dan penyuluhan Islam pada santri mantan remaja nakal di Pondok Pesantren Condromowo Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501016013_MUHAMMAD ALI RIDHO] Text (SKRIPSI_1501016013_MUHAMMAD ALI RIDHO)
1501016013_MUHAMMAD ALI RIDHO_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Ali Ridho (1501016013) “Implementasi Bimbingan dan Penyuluhan Islam pada Santri Mantan Remaja Nakal di Pondok Pesantren Condromowo Ngawi”.
Bimbingan dan penyuluhan islam merupakan sebuah usaha berkelanjutan dalam memberikan pertolongan kepada orang lain supaya bisa hidup sesuai dengan aturan dan petunjuk Allah sehingga bisa meraih kesejahteraan hidup di dunia dan di akhirat.
Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi Bimbingan dan Penyuluhan Islam pada santri mantan remaja nakal di Pondok Pesantren Condromowo Ngawi; dan (2) untuk mengetahui respon santri mantan remaja nakal dengan implementasi Bimbingan dan Penyuluhan Islam di Pondok Pesantren Condromowo Ngawi. Penelitian ini menggunakan penelitain lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelengaaraan Bimbingan dan Penyuluhan Islam pada santri mantan remaja nakal di Pondok Pesantren Condromowo Ngawi terdiri dari beberapa langkah, yakni (1) teknik/metode Bimbingan belum bernama; (2) persiapan Bimbingan dilakukan sebelum subuh dimana santri melakukan mandi taubat, mengikuti jamaah, dzikir bersama, dan melaksanakan bimbingan ruqyah; (3) tindakan Bimbingan mencakup pemberian arahan pada santri, mendorong santri untuk mengikuti kegiatan dan pemantauan hasil; (4) pengaturan mencakup pembagian tugas, mengkoordinasi ustadz dan santri; (5) pengontrolan mencakup pengawasan, peneguran, penyampaian materi Bimbingan dan penyuluhan islam dan lain-lain; dan (6) penilaian didasarkan pada perkembangan santri setiap hari dan dievaluasi per tiga bulan.
Implementasi Bimbingan dan Penyuluhan Islam pada santri mantan remaja nakal di Pondok Pesantren Condromowo Ngawi disiapkan dengan baik sehingga mampu menciptakan bimbingan dan penyuluhan yang mampu membantu santri mantan remaja nakal lepas dari ketergantungan obat dan alkohol, menambah pengetahuan agama Islam, membiasakannya berdzikir, dan disiplin dan direspon dengan baik dan antusias oleh para santri

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Penyuluhan Islam; Remaja Nakal; Santri; Pesantren ; Konseling
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Hendi Magang 2022
Date Deposited: 02 Jan 2023 12:41
Last Modified: 02 Jan 2023 12:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18862

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics