Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Masjid Al Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang

Tala, Atilah (2022) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Masjid Al Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046056_ATILAH_TALA] Text (SKRIPSI_1601046056_ATILAH_TALA)
1601046056_Atilah Tala_Tugas Akhir - ATILAH TALA UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pemberdayaan memiliki peran yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat. Di Indonesia merupakan mayoritas beragama islam yang mana seorang muslim akan membayar zakat minimal setahun sekali. Zakat memiliki peranan penting dalam memberdayakan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan ekonomi dan hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Lembaga Amil Zakat infaq Shodaqoh Masjid Al Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang terhadap masyarakat.
Untuk mendapatkan jawaban di atas penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan objek penelitian. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan teknik miles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Proses pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh LAZISMAZ Permata Puri Ngaliyan Semarang yaitu Pemberian motivasi usaha, peningkatan kesadaran dan pelatihan, menajemen diri, dan mobilitas sumber daya. 2) Hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh LAZISMAZ yaitu : a) Terlaksananya salah satu program LAZISMAZ bagi masyarakat khususnya para mustahik yang berbasis pemberdayaan ekonomi berbentuk modal usaha atau pengadaan sarana usaha bagi penerima mustahik untuk berwirausaha berjualan di rumah kecil-kecilan. b) Terlaksananya tujuan LAZISMAZ Permata Puri Naliyan Semarang dalam pemberdayaan yakni mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk mengeluarkan zakat, infaq, dan shodaqoh dengan rutin dan tepat sasaran, menghimpun atau mendayagunakan dana zakat, infaq, dan shadaqoh secara profesional, serta dapat menyelenggarakan progam pemberdayaan masyarakat. c) Dapat meningkatkan ekonomi para mustahik dari hasil penjualan usaha produktifnya guna memenuhi kebutuhan hidup secara berkelanjutan. d) Dapat mengurangi angka pengangguran dan dapat meningkatkan pendapatan keluarga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi; LAZISMAZ; Al-Azhar Permata Puri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:12
Last Modified: 03 Jan 2023 06:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18875

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics