Peran dai dalam pengembangan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 di Desa Puncak Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan

Muchamad, Hafidin Faqih (2022) Peran dai dalam pengembangan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 di Desa Puncak Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701046003_MUCHAMAD_HAFIDIN_FAQIH] Text (SKRIPSI_1701046003_MUCHAMAD_HAFIDIN_FAQIH)
1701046003_Muchamad Hafidin Faqih_Tugas Akhir - Muchamad Hafidin Faqih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi bencana global dan mempengaruhi tatanan sosial. Masyarakat dipaksa berkegiatan di rumah demi terputusnya mata rantai penyebaran virus. Pengembangan masyarakat menjadi perlu dimana ancaman kemiskinan dan gangguan kejiwaan bisa saja menghinggapi masyarakat terdampak Covid-19. Peran dai pada pengembangan masyarakat pada masa pandemi Covid-19 menjadi perlu disoroti, mengingat seorang dai merupakan guru, pengajar, dan penasehat ke arah yang lebih baik bagi jamaahnya dari pedalaman pedesaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Peran Dai dalam Pengembangan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Puncak Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan 2. Faktor Pendkung dan Penghambat Peran Dai dalam Pengembangan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Puncak Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini yaitu; 1. Peran Dai dalam Pengembangan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Puncak Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan adalah a) Sebagai Pengedukasi masyarakat, b) Sebagai sosok pembimbing, c) Sebagai mediator perubahan sosial. 2. Faktor Pendukung dan Penghambat Peran Dai dalam Pengembangan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Puncak Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan adalah a) Faktor pendukung adalah sumber daya manusia yang melimpah, sarana dan prasarana yang lengkap, b) Faktor penghambatnya adalah lingkungan yang terpencar-pencar atau tidak menyatu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran; dai; pengembangan masyarakat; Covid-19
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:11
Last Modified: 03 Jan 2023 06:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18878

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics