Konsistensi pesan tawakal dalam sinetron Inayah di ANTV

Muhtar, Alfita Salsabila Fauziyyah (2022) Konsistensi pesan tawakal dalam sinetron Inayah di ANTV. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501026107_ALFITA_SALSABILA_FAUZIYYAH_MUHTAR] Text (SKRIPSI_1501026107_ALFITA_SALSABILA_FAUZIYYAH_MUHTAR)
1501026107_ALFITA SALSABILA_FULL_SKRIPSI - Alfita Salsabila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Menurut Deddy Mizwar, sekarang ini banyak sinetron yang katanya sinetron religius, tapi sebetulnya bukan. Sinetron semacam itu, hanya akan menjadi sosialisasi yang menyesatkan, karena agama bukan mistis melulu. Meskipun ada unsur mistisnya, tapi mengenai hal-hal yang ghoib, hanya Allah yang tahu.
Salah satu sinetron religius yang menarik untuk dilihat adalah sinetron Inayah. Sinetron ini berkisah tentang gadis desa bernama Inayah yang dipaksa menikah dan menjadi istri keempat Doso Joyodiningrat. Kemudian dia harus menjalani kehidupannya sebagai istri di rumah Doso bersama dengan ketiga istri Doso yang tidak menyukainya. Karena khawatir Inayah akan merebut cinta dan harta warisan Doso, Ami Sarah melakukan berbagai upaya untuk membuat Inayah menderita dan pergi dari rumah Doso. Inayah mampu bertahan dari semua cobaan dalam hidupnya dengan mengandalkan sifat ‘tawakal’nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengamati dan menganalisis bagaimana konsistensi pesan tawakal dalam sinetron Inayah di ANTV.
Metodologi penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data dokumentasi berupa beberapa episode sinetron Inayah. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah metode Analisis Wacana Kritis atau yang biasa disingkat dengan AWK. Hasil penelitian ini menunjukkan tokoh Inayah terbukti tidak konsisten dalam bertawakal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsistensi; Pesan; Tawakal; Sinetron Inayah; Stasiun Televisi ANTV
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.267 Islam and arts
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 792 Stage presentations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 03 Jan 2023 02:54
Last Modified: 03 Jan 2023 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18883

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics