Partisipasi masyarakat dalam musyawarah perencanaan pengembangan di Keluruhan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun 2021

Fawaid Al Mahdi, Ahmad (2022) Partisipasi masyarakat dalam musyawarah perencanaan pengembangan di Keluruhan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701046042_AHMAD_FAWAID_AL _MAHDI] Text (SKRIPSI_1701046042_AHMAD_FAWAID_AL _MAHDI)
1701046042 Ahmad Fawaid Al Mahdi Lengkap Tugas Akhir - Ahmad Fawaid Al Mahdi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Musyawarah perencanaan pembangunan ini membutuhkan banyak pihak untuk berkontribusi dan berpartisipasi. Terlebih lagi, pada partisipasi masyarakat sekitar, hal ini lah yang sejatinya menjadi tumpuan dalam proses pembangunan. Dapat dikatakan, pembangunan tidak akan terlaksana tanpa adanya partisipasi masyarakat. Sebuah program pembangunan akan berhasil dapat dilihat dari partisipasi masyarakat. Sebaik apapun program pembangunan yang disuguhkan ke masyarakat, tidak akan berhasil tanpa adanya partisipasi. Namun penulis melihat bahwa keterlibatan partisipasi masyarakat yang tinggi di Kelurahan Purwoyoso dapat mengakibatkan perencanaan pembangunan melalui musrenbang tidak dapat mencapai hasil yang maksimal. Dikarenakan dalam tahap pelaksanaan program yang telah disepakati bersama dalam Musrenbang, tingkat partisipasi masyarakat mencapai 0%.
Rumusan masalah berupa 1) Bagaimana Partisipasi Masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Tahun 2021?, 2) Apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Serta menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, penulis menganalisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Secara umum partisipasi masyarakat dalam Musrenbang Kelurahan Purwoyoso tahun 2021 adalah tinggi dengan masuk pada tahapan 5 yaitu ketika masyarakat berpartisipasi memberikan masukan namun penentuan keputusan berada di tangan pemegang kekuasaan dan memungkinkan masyarakat melakukan negosiasi dengannya. 2) Faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kelurahan Purwoyoso Tahun 2021 yaitu respon masyarakat terhadap kesempatan yang diberikan untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan program pembangunan menjadi rendah. Karena masyarakat berpandangan bahwa ketika program yang sudah disepakati nantinya akan di kerjakan oleh vendor pihak ketiga, sehingga akan percuma jika ikut berpartisipasi dalam pembangunan, karena sudah ada yang ahli dibidangnya. Faktor Pendukung partisipasi masyarakat dalam musyawarah perencanaan pembangunan Kelurahan Purwoyoso Tahun 2021 tersebut disebabkan oleh kesadaran masyarakat akan pentingnya pembangunan di Kelurahan. Tingginya tingkat pendidikan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi masyarakat; musyawarah perencanaan pembangunan; faktor penghambat
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:32
Last Modified: 03 Jan 2023 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18885

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics