Peran dakwah dokter dalam mensosialisasikan vaksinisasi Covid-19

Huda, Salman Mujahid Saeful (2022) Peran dakwah dokter dalam mensosialisasikan vaksinisasi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026128_SALMAN_MUJAHID_SAEFUL_HUDA] Text (SKRIPSI_1601026128_SALMAN_MUJAHID_SAEFUL_HUDA)
1601026128_Salman Mujahid Saeful Huda_Lengkap Tugas Akhir - Salman Mujahid.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (910kB)

Abstract

Sebagai orang yang berposisi sebagai garda terdepan dalam proses penanganan pandemi covid-19, dokter dituntut untuk bekerja profesional dan mengedepankan kepentingan bersama. Pentingnya peran dakwah dokter terkait penyikapan ideal dalam proses penanganan dan sosialisasi pencegahan serta vaksinasi yang sejalan dengan yang diajarkan oleh agama. Seperti penerapan wujud ikhtiar, senantiasa menyampaikan yang benar sesuai fakta, meluruskan informasi yang menyimpang, dan taat kepada aturan yang telah dibuat pemerintah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan objek penelitian lapangan. Dengan metode analisis menggunakan teknik analisis Miles & Huberman yang terdiri atas empat alur yaitu: pengumpulan data, data reduction, data display, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara kepada informan dengan tujuan untuk mendapatkan data yang diinginkan. peran dakwah dokter dalam mensosialisasikan vaksinasi covid-19 dilakukan dengan dua cara yakni dakwah secara langsung dan tidak langsung. Hal tersebut meliputi pencegahan, pengobatan dan vaksinasi covid-19 baik itu saat di rumah sakit, seminar, pelatihan dan penyuluhan, serta kampanye-kampanye yang dilakukan di sosial media. Terdapat dua peran yang dilakukan oleh beberapa dokter dalam melakukan kegiatan dakwah, yaitu peran secara langsung dan peran secara tidak langsung. Peran secara langsung diantaranya adalah; Ikhtiar dan Tawakkal serta memberikan informasi yang benar. Peran secara tidak langsung yang dilakukan oleh para dokter adalah garda terdepan untuk menjadi suri tauladan bagi masyarakat khususnya dalam menyikapi pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran dakwah; vaksinasi; covid-19
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:20
Last Modified: 03 Jan 2023 03:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18886

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics