Fungsi radio sebagai media siaran moderasi beragama : studi kasus program siaran Majelis Selamatan Rasika USA 105.6 FM

Ulkonita, Vina (2022) Fungsi radio sebagai media siaran moderasi beragama : studi kasus program siaran Majelis Selamatan Rasika USA 105.6 FM. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026017_VINA_ULKONITA] Text (SKRIPSI_1701026017_VINA_ULKONITA)
1701026017_VINA ULKONITA_ LENGKAP TUGAS AKHIR - VINA ULKONITA (Vivin).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Fenomena di masyarakat menunjukkan terdapat siaran radio yang bertentangan dengan UU Penyiaran Nomor 32 tahun 2002 karena difungsikan secara radikal dan ekstrem. Sedangkan radikalisme dan ekstremisme merupakan paham yang tidak relevan dengan kemajemukan bangsa Indonesia. Maka, keberadaan Rasika yang memfungsikan radio sebagai media siaran moderasi beragama menarik untuk diteliti.
Penelitian ini bertujuan mengurai fungsi radio Rasika sebagai media siaran moderasi beragama studi kasus program Majelis Selamatan. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Untuk memperoleh data peneliti melakukan wawancara dan observasi. Dalam pengolahan data peneliti melakukan teknik analisis Miles dan Huberman dengan tahapan kondensasi data lalu penyajian kemudian penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam siarannya Rasika menjalankan fungsi-fungsi radio meliputi menyediakan informasi, edukasi, serta menjadi kontrol dan perekat sosial dengan menitikberatkan konsep moderasi beragama. Rasika menjadi media siaran moderasi beragama mengacu pada fungsi radio menurut UU Penyiaran.
Penyebaran gagasan moderasi beragama memerlukan media yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Di sinilah peran radio Rasika diperlukan sebagai media siaran moderasi beragama dan antitesis dari media siaran paham radikalisme dan ekstremisme. Sehingga fungsionalisasi radio Rasika melalui program Majelis Selamatan dapat menjawab tantangan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fungsi Radio; Moderasi Beragama; Majelis Selamatan; dan Rasika.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.65 Organizations of Islam
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 03 Jan 2023 05:30
Last Modified: 03 Jan 2023 05:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18888

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics