Teknik penyampaian pesan iklan layanan masyarakat “Mas Bro” di Radio Republik Indonesia (RRI) Programa 2 Madiun

Maharani, Septyana Cindi (2022) Teknik penyampaian pesan iklan layanan masyarakat “Mas Bro” di Radio Republik Indonesia (RRI) Programa 2 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026061_SEPTYANA_CINDI_MAHARANI] Text (SKRIPSI_1701026061_SEPTYANA_CINDI_MAHARANI)
1701026061_SEPTYANA CINDI MAHARANI_FULL SKRIPSI - Cindi Maharani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh penyampaian pesan dakwah yang dikemas dalam bentuk iklan layanan masyarakat, yaitu iklan yang bertujuan memberi informasi, membujuk serta mendidik pendengar. Iklan layanan masyarakat menyajikan beberapa pesan sosial yang bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat terhadap permasalahan sosial yang terjadi. Bagaimana teknik yang digunakan oleh RRI Programa 2 Madiun dalam menyampaikan pesan dakwah melalui iklan layanan masyarakat “Mas Bro” sehingga berhasil diudarakan dan diterima oleh masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana tempat penelitian dilakukan di RRI Programa 2 Madiun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan dokumentasi dan wawancara. Menggunakan metode analisis data deskriptif dalam memaparkan teknik penyampaian pesan yang dilakukan RRI Programa 2 Madiun dalam memproduksi dan menyiarkan pesan dakwah dalam iklan layanan masyarakat “Mas Bro”.
Hasil dari penelitian skripsi ini adalah RRI Programa 2 Madiun menggunakan beberapa teknik dalam memproduksi dan menyampaikan pesan dakwah dalam iklan layanan masyarakat “Mas Bro” yaitu dengan menggunakan teknik siaran rekaman dan teknik membaca naskah (script reading) selain itu pengisi suara juga menggunakan teknik ad libitum ketika melakukan dialog. Iklan ini berbentuk dialog yang diperankan oleh dua tokoh yaitu Mas Bro dan Mba Bro. Sedangkan pendekatan teknik penyampaian pesan dalam iklan layanan masyarakat “Mas Bro” menggunakan tiga pendakatan, yaitu rational appeals atau penyampaian pesan berdasarkan akal sehat, emotional appeals atau penyampaian pesan dengan memainkan emosi atau perasaan khalayak, dan normative/etics appeals atau penyampaian pesan dengan nilai normatif dan berkaitan dengan budaya masyarakat. Dari 8 iklan layanan masyarakat Mas Bro tersebut menggunakan tiga pokok materi dakwah, yaitu masalah akidah, masalah akhlak, dan masalah akidah dan akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknik penyampaian pesan dakwah; iklan layanan masyarakat “Mas Bro”; RRI Programa 2 Madiun
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:07
Last Modified: 03 Jan 2023 06:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18893

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics