Pesan humanisme dalam buku Kiai Hologram karya Emha Ainun Nadjib

Husain, Muhammad Haikal (2022) Pesan humanisme dalam buku Kiai Hologram karya Emha Ainun Nadjib. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026083_MUHAMMAD_HAIKAL_HUSAIN] Text (SKRIPSI_1701026083_MUHAMMAD_HAIKAL_HUSAIN)
1701026083_M. Haikal Husain_Full Skripsi - Haikal Husain.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kasus-kasus intoleransi dan pelanggaran kebebasan beragama yang tercatat masih banyak terjadi di Indonesia, sejumlah kasus tercatat memperlihatkan beragam kasus pelanggaran kemanusiaan yang bukan hanya dilakukan oleh masyarakat umum saja, melainkan juga dilakukan oleh aktor negara yang mempunyai wewenang besar dalam membuat peraturan masyarakat. Terdapat dua survei yang mencatat kasus kemanusiaan seperti intoleransi dan juga kekerasan dalam kebebasan beragama. Pertama survei The Wahid Institute pada tahun 2018 mencatatkan sebanyak 276 tindakan kekerasan dan intoleransi. Kedua survei Setara Institute pada tahun 2020 mencatatkan sejumlah 424 kasus pelanggaran kebebasan beragama. Sejumlah kasus tersebu dilakukan oleh aktor negara dan aktor non-negara. Berdasarkan uraian dari latar belakang yang telah disampaikan, maka penulis merumuskan masalah yaitu apa isi pesan humanisme dalam buku Kiai Hologram karya Emha Ainun Nadjib?
Buku Kiai Hologram merupakan kumpulan essai yang ditulis oleh Cak Nun yang membahas nilai kesederhanaan dan kedalaman sebuah keluarga memaknai agama. Sikap dan akhlak yang dibangun dalam kehidupan bermasyarakat yang hangat dapat dijadikan sebuah arahan bagi pembaca dalam belajar mengenai nilai humanisme Islam secara ringan. Cak Nun menulis buku ini dengan melihat fenomena pada sebagian manusia yang mungkin telah melupakan rasa kemanusiaannya dan memilih menjadi manusia yang hidup dengan kecenderungan obsesi pada status sosial, harta benda, dan juga kekuasaan.
Pengaplikasian nilai dan pesan humanisme banyak diwujudkan dalam sebuah karya sastra yang bisa dinikmati oleh pembaca. Kehadiran sastra yang menjadikan manusia sebagai objek penceritaan dalam sebuah seni dikemas dengan berbagai macam gambaran kehidupan yang lekat dengan adanya nilai-nilai humanisme. Dorongan dasar manusiawi sendiri yang akan mengantarkan manusia mengungkapkan dirinya dalam sebuah karya sastra, menaruh perhatian terhadap manusia lain dan realitas yang ada di lingkungan sekitarnya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pesan humanisme yang terdapat dalam buku Kiai Hologram karya Emha Ainun Nadjib. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis pustaka. Penulis menggunakan model Miles dan Huberman dengan melalui tiga proses yaitu reduksi data, data display, dan verifikasi data.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat 29 pesan humanisme dalam buku Kiai Hologram karya Emha Ainun Nadjib yaitu tiga pesan ketauhidan, sembilan pesan kemanusiaan, satu pesan keadilan, tiga pesan kesetaraan, satu pesan pembebasan, satu pesan kesederhanaan, lima pesan persaudaraan, tiga pesan kesatriaan, dan tiga pesan kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan humanisme; Buku Kiai Hologram; Emha Ainun Nadjib
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
800 Literature and rhetoric > 810 American literature in English > 813 Fiction
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:20
Last Modified: 09 Jan 2023 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18895

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics