Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan batik mangrove oleh Srikandi Pantura di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tugu Kota Semarang

Nuraidah, Haya (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan batik mangrove oleh Srikandi Pantura di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tugu Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046025_HAYA_NURAIDAH] Text (SKRIPSI_1801046025_HAYA_NURAIDAH)
1801046025_Haya Nuraidah_Lampiran - Haya Nuraidah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (755kB)

Abstract

Dari permasalahan yang dilihat partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat tidak selalu berjalan dengan baik bertambahnya usia Lembaga menambah juga permasalahan dari berkurangnya anggota yang aktif dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui partisipasi masyarakat kelurahan mangonharjo kecamatan tugu kota Semarang terhadap pemberdayaan masyarakat yang mengelola batik mangrove. Jenis penelitian yang digunakan yaitu peneliatian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan batik mangrove yang dilihat dari enam tahapan diantaranya yaitu : tahapan pemaparan masalah, analisis masalah, penentuan tujuan dan sasaran, perencanaan tindakan, pelaksanakan tindakan dan tahap evaluasi. 2. Faktor pendukung dan penghambat proses pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan batik mangrove oleh srikandi pantura yaitu : pertama faktor pendukung: sumber daya alam, dukungan pemerintah dan sumber daya manusia. Kedua faktor penghambatnya yaitu : kurangnya partisipasi, kurangnnya dana, dan kurangnya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Batik mangrove; Faktor pendukung
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Production management (Manajemen produksi)
700 The arts > 740 Drawing and decorative arts > 746 Textile arts
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:42
Last Modified: 09 Jan 2023 02:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18899

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics