Makna dzikir dalam buku Remember Me and I Will Remember You karya Wirda Mansur

Ropiq, Ainun Nisa Nurur (2022) Makna dzikir dalam buku Remember Me and I Will Remember You karya Wirda Mansur. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026164_AINUN_NISA_NURUR_ROPIQ] Text (SKRIPSI_1701026164_AINUN_NISA_NURUR_ROPIQ)
1701026164_Ainun Nisa Nurur R_Lengkap Tugas Akhir. - Ainun Nisa Nurur Ropiq UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Buku menjadi salah satu media massa yang banyak digunakan oleh pendakwah untuk menyampaikan dakwahnya. Penulis yang menyampaikan pesan dakwahnya melalui tulisan berarti telah melakukan dakwah bil qolam atau dakwah melalui tulisan. Penyampaian pesan dakwah melalui tulisan atau media buku dirasa sangat efektif karena buku tidak akan luput oleh zaman dan dapat dibaca berulang-ulang. Salah satu buku yang mengandung pesan dakwah ialah buku milik Wirda Mansur berjudul Remember Me and I Will Remember You. Wirda Mansur dalam bukunya tersebut menyampaikan pesan dakwah mengenai dzikir atau seruan untuk selalu mengingat Allah. Target yang dituju Wirda Mansur adalah kaum milenial yang sedang berada dalam fase quarter life crisis yang kerap merasa kesepian dan kehilangan arah.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis semiotika Ferdinand de Saussure yang bertujuan untuk mencari makna penanda dan petanda yang terdapat dalam buku tersebut. Unit analisis penelitian ini adalah kutipan-kutipan pesan dzikir yang disampaikan Wirda Mansur pada setiap chapter yang ada dalam buku tersebut. Terdapat sembilan chapter yang berisi masing-masing pesan dzikir yang disampaikan dengan bahasa yang ringan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya makna dzikir yang disampaikan Wirda Mansur dalam bukunya memiliki empat makna, yakni dzikir dengan makna mengingat, dzikir dengan makna lisan, dzikir dengan makna hati dan dzikir dengan makna perbuatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Makna dzikir; Buku; Analisis Semiotika.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:52
Last Modified: 10 Jan 2023 03:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18901

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics