Peran BUMDes Lestari dalam mengembangkan perekonomian masyarakat Desa Karang Tengah Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal

Dewi, Ciptaning Dini Ratnasari (2022) Peran BUMDes Lestari dalam mengembangkan perekonomian masyarakat Desa Karang Tengah Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046029_CIPTANING_DINI_RATNASARI_DEWI] Text (SKRIPSI_1801046029_CIPTANING_DINI_RATNASARI_DEWI)
1801046029_CIPTANING DINI RD_SKRIPSI FULL - Ciptaning Dini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan program pemerintah yang berbadan hukum yang telah dibentuk dan dimiliki oleh pemerintahan desa guna meningkatkan perekonomian desa, membuka lapangan pekerjaan baru akan berdampak pada kesejahterakan masyarakat Desa Karang Tengah. Peran BUMDes Lestari sangat berpengaruh penting dalam pengelolaanya. Peran yang berstruktur dan strategis menjadi suatu power dalam kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana peran BUMDes Lestari dalam mengembangkan perekonomian masyarakat Desa Karang Tengah Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. (2) Bagaimana hasil yang dicapai dari adanya BUMDes Lestari dalam mengembangkan perekonomian masyarakat Desa Karang Tengah Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskripstif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, peneliti terlibat langsung dalam penelitian ini dalam menggali data dan mengumpulkan informasi. Dengan analisis data yang digunakan adalah teori milik Miles dan Huberman meliputi reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat peran BUMDes Lestari dalam mengembangkan perekonomian masyarakat desa yaitu meliputi peran fasilitator, peran mediator, peran motivator dan peran dinamisator. (2) Hasil peran BUMDes Lestari yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat, meningkatnya pendapatan asli desa, pengembangan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: BUMDes Lestari; Pengembangan masyarkat; Perekonomian masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 10 Jan 2023 01:28
Last Modified: 10 Jan 2023 01:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18903

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics