Pesan dakwah dalam iklan sukun bahagia berbagi edisi Ramadan 1440 H di youtube

Khakim, Lukmanul (2022) Pesan dakwah dalam iklan sukun bahagia berbagi edisi Ramadan 1440 H di youtube. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801026039_LUKMANUL_KHAKIM] Text (SKRIPSI_1801026039_LUKMANUL_KHAKIM)
1801026039_Lukmanul Khakim_Skripsi lengkap - Lukmanul Khakim.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan data yang penulis temukan terdapat banyak iklan yang berasal dari perusahaan rokok yang secara tidak langsung mengandung pesan negatif, bahkan memberi dampak negatif. Sehingga mempengaruhi cara berpikir konsumen atau penonton iklan tersebut dalam berprilaku. Kemudian peneliti tertarik untuk menemukan sebuah iklan dari perusahaan rokok yang mengandung pesan positif didalammnya karena dengan adanya pesan positif berpotensi mempengaruhi penonton iklan menuju hal yang positif.
Iklan Sukun Bahagia Berbagi merupakan iklan yang berasal dari perusahaan rokok dikota Kudus, diduga iklan tersebut mengandung pesan yang positif yaitu pesan dakwah didalamnya karena terdapat beberapa komentar yang mengatakan iklan tersebut inspiratif, dan mengandung banyak pesan positif didalamnya, serta judul dari iklan “bahagia berbagi” menunjukkan pesan dakwah tentang berbagi namun didalam iklan tidak hanya pesan dakwah tentang berbagi tetapi banyak pesan dakwah lainnya, kemudian tidak adanya respon yang tidak menyukai iklan tersebut dari 267ribu penonton di YouTube. Oleh sebab itu, penelitian ini mengambil objek penelitian Iklan Sukun Bahagia Berbagi Edisi Ramadan 1440 H di YouTube.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apa pesan dakwah yang terkandung dalam iklan Sukun Bahagia Berbagi Edisi Ramadan 1440 H di YouTube. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sifat penelitianya adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Analisis isi Krippendorf, pengumpulan data, dokumentasi berupa tangkapan layar, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan analisis yang peneliti lakukan mengenai pesan dakwah dalam iklan Sukun Bahagia Berbagi Edisi Ramadhan 1440H di YouTube, ditemukan beberapa pesan dakwah yang terkandung di dalamnya yaitu: Menjaga kebersihan, ikhlas, memberi nasihat, berbakti kepada orang tua, ikhtiar, beribadah, rajin belajar dan sungguh sungguh, tolong menolong dan bersedekah secara diam-diam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Iklan; YouTube
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 10 Jan 2023 05:58
Last Modified: 10 Jan 2023 05:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18907

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics