Pemberdayaan masyarakat melalui program Lepen Shumong oleh pemuda Ngrajek Satu di Dusun Ngrajek Satu Desa Ngrajek Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang

Ningrum, Nanik Sasmita (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui program Lepen Shumong oleh pemuda Ngrajek Satu di Dusun Ngrajek Satu Desa Ngrajek Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046048_NANIK_SASMITA_NINGRUM] Text (SKRIPSI_1801046048_NANIK_SASMITA_NINGRUM)
Skripsi Nanik Sasmita N_1801046048 alhamdulillah 1 - Nanik Sasmita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam bidang lingkungan suatu pemberdayaan pun dibutuhkan, guna mewujudkan masyarakat yang peduli akan pelestarian lingkungan. Untuk itu dibutuhkan program atau kegiatan yang dapat memulihkan kembali sungai menjadi bersih dan sehat. Melalui Program Lepen Shumong, Pemuda Ngrajek Satu berupaya untuk memanfaatkan sungai lebih baik sebagai tempat budidaya ikan, sehingga dapat pula mencegah pembuangan sampah sembarangan kembali. Selain itu, dengan potensi lain yang ada di sekitar lepen, salah satunya pemandangan yang indah. Tercetuslah ide untuk mengembangkan Lepen Shumong sebagai tempat wisata dan juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dengan berjualan di lapak setiap pasar pagi.
Penelitian ini fokus pada dua permasalahan, yaitu : (1) Bagaimana tahapan pemberdayaan masyarakat melalui program Lepen Shumong oleh Pemuda Ngrajek Satu di Dusun Ngrajek Satu Desa Ngrajek Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang?, (2) Bagaimana hasil pemberdayaan masyarkat melalui program Lepen Shumong oleh Pemuda Ngrajek Satu di Dusun Ngrajek Satu Desa Ngrajek Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pemberdayaan masyarakat melalui program Lepen Shumong yang dilakukan oleh pemuda Ngranjek satu di Dusun Ngrajek satu Desa Ngrajek Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang terhadap masyarakat guna meningkatkan potensi yang dimiliki. Selanjutnya untuk mengetahui hasil pemberdayaan masyarakat di Dusun Ngrajek satu Desa Ngrajek Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang dalam mengembangakan potensi lokal yang ada disekitarnya melalui program Lepen Shumong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini : Pertama tahapan pemberdayaan masyarakat melalui program Lepen Shumong oleh Pemuda Ngrajek Satu di Dusun Ngrajek Satu Desa Ngrajek Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang dilakukan melalui beberaoa tahap yaitu, tahap persiapan, tahap pengkajian, perencanaan program atau kegiatan, tahap pelaksanaan (implementasi) program atau kegiatan, dan tahap evaluasi. Kedua, hasil pemberdayaan masyarakat melalui program Lepen Shumong oleh Pemuda Ngrajek Satu di Dusun Ngrajek Satu Desa Ngrajek Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat merubah keadaan dengan lingkungan yang sehat dan bersih, meningkatnya pendapatan masyarakat, serta meningkatnya solidaritas antar warga masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Lepen Shumong; Pemuda Ngrajek Satu
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 09 Jan 2023 04:07
Last Modified: 09 Jan 2023 04:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18920

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics