Strategi dakwah dalam program acara mimbar Islam di Ratih TV Kebumen

Ahyani, Indah Sri (2022) Strategi dakwah dalam program acara mimbar Islam di Ratih TV Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801026112_INDAH_SRI_AHYANI] Text (SKRIPSI_1801026112_INDAH_SRI_AHYANI)
1801026112_INDAH SRI AHYANI_LENGKAP TUGAS AKHIR - Indah Sri Ahyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Di era modern saat ini dakwah tidak hanya dilakukan secara tatap muka atau dalam sebuah majelis taklim. Media televisi merupakan salah satu media untuk berdakwah. Dakwah menggunakan media televisi akan lebih praktis dan efisien karena jarak komunikan yang jauh dan tersebar akan mudah untuk dicapai. Namun, program siaran dakwah melalui media televisi hanya dapat ditonton pada waktu-waktu tertentu saja. Hal ini menjadi permasalahan dakwah menggunakan media televisi. Selain itu, durasi yang rata-rata hanya setengah jaam dan jam tayang siaran dakwah pada pagi hari juga menjadi kendala berdakwah melalui media televisi. Salah satu program tayangan dakwah yaitu program Mimbar Islam di Ratih TV Kebumen.
Penelitian ini difokuskan pada Strategi Dakwah dalam Program Acara Mimbar Islam di Ratih TV Kebumen. Jenis penelitian yang penulis gunakan yaitu penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu penelitian yang tidak dapat diperoleh dengan bentuk statistik atau dengan pengukuran. Teknik pengumpukan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Sumber penelitian ini menggunakan sumber data primer yakni hasil wawancara dari direktur operasional Ratih TV dan koordinator program Mimbar Islam. Lokasi penelitian dilakukan di Studio Ratih TV Kebumen yang beralamat di jalan Kutoarjo No. 6 Kebumen. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian serta analisis data yang penulis lakukan, strategi dakwah program acara Mimbar Islam yaitu menggunakan tahapan strategi, melalui dakwah bil lisan yang terdiri dari tahap perumusan strategi berupa menentukan tema, menentukan narasumber dan presenter serta menentukan sasaran dakwah. Selanjutnya yaitu tahap implementasi berupa disiarkan secara langsung, berbentuk talkshow dan safari dakwah. Tahap evaluasi dilakukan satu tahun sekali dari Ratih TV dan Kemenag Kebumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah; Program Siaran; Mimbar Islam.
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 13 Feb 2023 10:47
Last Modified: 13 Feb 2023 10:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18924

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics