Respon penonton terhadap penerimaan diri dalam Film “Imperfect : Karier, Cinta dan Timbangan

Fitria, Norma Laila (2022) Respon penonton terhadap penerimaan diri dalam Film “Imperfect : Karier, Cinta dan Timbangan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801026140_NORMA_LAILA_FITRIA] Text (SKRIPSI_1801026140_NORMA_LAILA_FITRIA)
1801026140_Norma Laila Fitria_Lengkap Tugas Akhir - kkn mit uin ws posko 66 tlogosari kulon.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Film “Imperfect: Karier, Cintan Dan Timbangan” meraih 2,6 juta penonton dan memiliki konten yang memberi pesan moral bagi tidak sedikit individu. Penonton film tersebut di antaranya adalah kalangan mahasiswa. Mahasiswa KPI juga merupakan bagian dari mahasiswa yang menonton film tersebut. Mahasiswa KPI dibekali kemampuan dalam bidang dakwah dan teknologi komunikasi dan merupakan kader dakwah yang turut serta mengembangan teknologi sebagai media menyiarkan Islam. Ini menarik peneliti untuk mengetahui respon mahasiswa KPI yang telah menonton film Imperfect: Karier, Cinta dan Timbangan terkait konsep penerimaan diri.
Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui respon penonton terhadap penerimaan diri dalam film “Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan”. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis dari Milles dan Huberman dengan tahpan-tahapan reduksi data, penyajian/display data, dan dan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon penonton terhadap penerimaan diri dalam film “Imperfect: Karier, Cinta dan Timbangan” adalah dengan: (1) memahami konsep penerimaan diri sebagai self-love, menghargi kekurangan diri dan orang lain, toleran kepada sesama, senantiasa bersyukur, standar cantik adalah kebaikan hati, (2) memahami konsep penerimaan diri muncul pada awal, tengah dan akhir film, (3) menilai konsep penerimaan diri dalam scene film imperfect menarik karena mengandung nilai keberagaman manusia, saling membantu sesama, melawan insecure, berhubungan dengan realita, saling membantu saudata, mengajak bersyukur, dan menerima perubahan, (4) menilai temanya menarik karen menawarkan pengajaran dan komedi yang baik, skenario yang kuat, isu kekinian, perasaan campur aduk dan inspiratif, dan penolakan stereotip standar cantik, (5) mempersepsikan bentuk penerimaan diri dalam film imperfect dengan bangga menjadi diri sendiri, fokus pada kebaikan sikap, mengembangkan potensi, belajar bersikap, dan (6) mengaplikasikan bentuk penerimaan diri dengan menjaga kesehatan dan kebaikan diri, berusaha meraih mimpi dengn usaha yang maksimal tanpa membandingkan diri dengan orang lain.
Respon penonton terhadap penerimaan diri dalam film “Imperfect: Karier, Cinta dan Timbangan” relatif bervariasi seperti penonton mengetahui konsep penerimaan diri, menilai konsep penerimaan diri scene dan tema film, dan mengaplikasikan konsep penerimaan diri dalam kehidupan sehari-hari

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Film imperfect; Peneriman diri; Respon penonton
Subjects: 300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 391 Costume and personal appearance
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 09 Jan 2023 04:13
Last Modified: 09 Jan 2023 04:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18927

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics