Strategi pemasaran produk di KSPPS BMT Al Hikmah Ungaran : dalam perspektif dakwah

Sari, Nurindah (2022) Strategi pemasaran produk di KSPPS BMT Al Hikmah Ungaran : dalam perspektif dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501036113_NURINDAH SARI_LENGKAP] Text (SKRIPSI_1501036113_NURINDAH SARI_LENGKAP)
1501036113 Nurindah Sari Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nurindah Sari, 1501036113. Judul: “Strategi Pemasaran Produk di KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran (Dalam Perspektif Dakwah). Perkembangan pasar yang semakin kuat, sebagai pemasaran memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat di kedepankan. Memperoleh keuntungan merupakan tujuan utama berdirinya suatu perusahaan ataupun badan usaha, baik badan usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT), Yayasan, koperasi maupun bentuk-bentuk badan usaha lainnya. Sebab keuntungan yang diperoleh tidak hanya digunakan untuk membiayai operasi perusahaan, seperti membayar gaji serta biaya-biaya lainnya, tetapi juga untuk perkembangan perusahaan melalui berbagai kegiatan dimasa yang akan datang. KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran merupakan koperasi simpan pinjam yang berbasis syariah. Selain berbasih syariah koperasi ini juga menyediakan produk dan jasa berupa tabungan, deposito, dan giro.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk yang dilakukan KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran Dalam Perseptif Dakwah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran. Selain itu penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. untuk mendapatkan data primer dengan cara observasi langsung dilokasi perusahaan melalui wawancara dan dokumentasi perusahaan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang Dilakukan KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran Adalah (1) Memilih konsumen yang dituju (Segmentasi Pasar) yaitu dengan membagi segmentasi pribadi, segmentasi pelanggan, dan segmentasi berdasarkan kepribadian. (2) Targeting, memilih satu atau lebih target yang dimasuki yaitu pedagang pasar, ibu-ibu PKK, Majelis. (3) Positioning, membangun atau mengkomunikasikan keunggulan produk kepada konsumen dan mengidentifikasi keinginan konsumen. (4) Bauran Pemasaran (Marketing Mix) meliputi strategi produk, strategi promosi, strategi tempat, strategi pelayanan, strategi harga, dan strategi proses. Ke-4 hal tersebut dilakukan melalui perspektif dakwah yang dijabarkan dalam unsur-unsur dakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Produk; KSPPS; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:43
Last Modified: 09 Jan 2023 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18933

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics