Pemberdayaan perempuan melalui usaha pengolahan jahe rempah oleh kelompok wanita tani Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang

Putri, Zunaidah Al Farisiyah (2022) Pemberdayaan perempuan melalui usaha pengolahan jahe rempah oleh kelompok wanita tani Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046059_ZUNAIDAH_AL_FARISIYAH_PUTRI] Text (SKRIPSI_1801046059_ZUNAIDAH_AL_FARISIYAH_PUTRI)
1801046059_Zunaidah Al Farisiyah Putri_Tugas Akhir - Zunaidah Alf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan perempuan merupakan proses pembentukan kapasitas yang lebih besar seperti kekuasaan, pengawasan dan pengambilan keputusan serta tindakan transformasi yang mengarah kepada perwujudan persamaan derajat yang antara perempuan dan laki laki. Tujuan dari pemberdayaan perempuan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kaum perempuan untuk melibatkan diri dalam program pembangunan. Guna meningkatkan kemampuan dalam proses pembangunan masyarakat dibentuklah Kelompok Wanita Tani yaitu sebuah organisasi atau kelompok masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan warga untuk belajar dan mendapatkan pelatihan atau pembinaan dari dinas pertanian dan dinas ketahanan pangan yang harapannya akan mampu menggerakkan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang perekonomian. Lewat Kelompok Wanita Tani inilah terbentuk suatu proses pemberdayaan dengan memanfaatkan potensi sekitar yang disebut jahe, yang akan diolah menjadi jahe instan bernama jahe rempah yang akan masuk di dunia pemasaran.
Rumusan masalah penelitian ini: (1) Bagaimana proses pemberdayaan perempuan melalui usaha pengolahan jahe rempah oleh Kelompok Wanita Tani Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang? (2) Bagaimana hasil pemberdayaan perempuan melalui usaha pengolahan jahe rempah oleh Kelompok Wanita Tani Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang?
Hasil dari penelitian ini menunjukan dua hal sebagai berikut: pertama, proses yakni Pemberdayaan Perempuan Melalui Usaha Pengolahan Jahe Rempah Oleh Kelompok Wanita Tani Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang yakni: (1) Tahap Awal Sosialisasi (2) Tahap Penguatan Daya (Menemukan Usaha yang Tepat) (3) Tahap Pengembangan (Pelatihan) (4) Tahap pendayaan (Pengembangan Usaha). Hasil Pemberdayaan Perempuan Melalui Usaha Pengolahan Jahe Rempah Oleh Kelompok Wanita Tani Desa Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. hasil dari segi ekonomi berupa (1) penambahan penghasilan (2) peningkatan akses pasar. Dari segi sosial budaya dan pendidikan semakin berkembang baik sumberdaya alam maupun sumberdaya manusianya,.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan perempuan; Kelompok Wanita Tani (KWT); Pengolahan jahe rempah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 631 Techniques, equipment, materials
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:41
Last Modified: 09 Jan 2023 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18934

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics