Manajemen haul wali Joko di Masjid Agung Kendal tahun 2019

Hafis, Lutfi Afduh (2022) Manajemen haul wali Joko di Masjid Agung Kendal tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501036163_LUTFI AFDUH HAFIS_LENGKAP] Text (SKRIPSI_1501036163_LUTFI AFDUH HAFIS_LENGKAP)
1501036163_Lutfi Abduh_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Manajemen adalah proses membimbing dan menyediakan layanan kerja bagi orang-orang yang diatur dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data, yaitu data primer dan data sekunder. Dan teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik: wawancara, pengamatan dan dokumentasi. rumusan masalah dalam penelitian ini yakni : Bagaimana Manajemen Haul Wali Joko?
Analisis data dalam penelitian ini dimulai dengan pemeriksaan semua data dari berbagai sumber. Kemudian pertahankan data yang ada. Hasil penelitian ini adalah bagaimana Manajemen Haul Wali Joko.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Menggunakan manajemen yang didalamnya terdapat fungsi-fungsi manajemen yang meliputi Planning (perencanaan) yang merencanakan bagaimana kegiatan yang akan berlangsung yang menjadi tujuan seperti membentuk rapat dan membuat perencanaan kegiatan, Organizing (pengorganisasian) Membuat organisasi kepanitiaan seperti membentuk kepanitiaan kegiatan haul, Actuating (penggerakan) Penggerakan yang di gerakan dalam kegiatan berlangsung, yakni saat kegiatan haul dan Controlling (pengawasan) Pengawasan kegiatan yang berlangsung baik dari tugas masing-masing anggota juga pengawasan terhadap kegiatan berlangsung yakni pengawasan kegiatan haul. Tercapai sebuah kegiatan yang baik pastilah ada manajemen. Sebelum kegiatan di tetapkan di adakan rapat rutin yang berlangsung 2 bulan sebelum kegiatan haul. diadakan setiap tanggal 8 syawal ini selalu berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun, Semua dana dari kas masjid yakni dari sewa tanah wakaf masjid dan kotak amal masjid, dan semua panitia yang ikut serta merupakan anggota masjid agung kendal juga meminta bantuan dari pihak keamanan yang terkait seperti satpol PP dan polisi demi keamanan saat berlangsung.
Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan agar Manajemen Haul Wali Joko ini bisa terus berjalan dengan baik dan istoqomah untuk selalu senantiasa diberi kelancaran mengharap barokah dari Allah Swt. Dan Wali Joko ini sangatlah patut menjadi Suri Tauladan bagi kita semua untuk mengikuti jejak-jejak kehidupan beliu yang penuh kesederhanaan, ikut berkontribusi dalam pembangunan ekonomi dan masyarakat sekitarnya, memperjuangkan Agama Allah Swt, menyebarkan dakwahnya dalam setiap harinya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen haul; Wali Joko; Masjid Agung Kendal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:28
Last Modified: 09 Jan 2023 03:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18937

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics