Aksesibilitas difabel pada rumah ibadah : studi pada penyediaan fasilitas ibadah Masjid Al Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang

Nazilah, Shofatun (2022) Aksesibilitas difabel pada rumah ibadah : studi pada penyediaan fasilitas ibadah Masjid Al Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501036145_SHOFATUN NAZILAH_LENGKAP] Text (SKRIPSI_1501036145_SHOFATUN NAZILAH_LENGKAP)
SKRIPSI FULL SHOFATUN NAZILAH 1501036145.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Shofatun Nazilah (1501036145) “AKSESIBILITAS DIFABEL PADA RUMAH IBADAH (Studi Pada Penyediaan fasilitas Ibadah Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang)”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui gambaran umum masjid Al-Azhar permata puri ngaliyan, yang isinya terdapat sejarah berdirinya Masjid Al-Azhar, Struktur Organisasi Kepengurusan Masjid, Data Jama’ah Disabilitas Di Masjid Al-Azhar, Sarana Dan Prasarana Masjid Al-Azhar Permata Puri, Tingkat Kenyaman Jama’ah Difabel Beribadah Di Masjid Al-Azhar,Penyediaan Fasilitas Untuk Difabel.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui AKSESIBILITAS DIFABEL PADA RUMAH IBADAH (Studi Pada Penyediaan fasilitas Ibadah Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyediaan fasilitas ibadah di masjid Al-Azhar Semarang yaitu melakukan rencana melalui agenda rapat tahunan untuk pengurus memutuskan dengan adanya rapat dibangunya sebuah fasilitas difabel dimana penyediaan fasilitas bagi penyandang difabel dengan adanya anggota difabel karena, akses difabel di masjid Al-Azhar ini mengikuti standart internasional, bukan menurut keinginan individu, sedangkan alokasi dana kita dapat dari dana infaq jama’ah masjid serta sumbangan donatur yang ada di sekitar masjid maupun dari luar kota dalam menyediakan fasilitas kegitan yang ada di masjid itu.
Dengan memberikan kemudahan bagi penyandang yang membutuhkan kebutuhan khusus jadi dengan di bangunnya akses yang ada di dalam masjid dengan keutamaan dalam ketersediaan kelayakan fasilitas yang ramah difabel maka membutuhkan semua sarana dan upaya yang memadai terpandu dan kesinambungan dan pada akhirnya dapat mecapai kemandirian dan kesejahteraan bagi penyandamg disabilitas maupun lansia. Sarana dan prasarana masjid, dengan adanya sarana prasarana masjid rata-rata bisa dianggap memadai segala fasilitas yang dibutuhkan di masjid, pengurus memfasilitasi segala kebutuhan masjid diantaranya fasilitas yang ada sebagai berikut: tempat parkir, tempat wudhu, ram, kursi lipat.
Dengan keterbatasan yang mereka miliki pengurus masjid telah memakmurkan masjid bagi jama’ah di masjid Al-Azhar bagi penyandang difabel maupun non difabel sebagaimana kemakmuran masjid sebagian dari keutamaan orang yang berimana sebagimana Rasulullah berkata orang yang memakmurkan masjid maka akan dibangunkan rumah di surga dengan itu mengistimewakan rumah Allah dengan memakmurkan masjid merupakan amal jariyaah yang terus mengalir sekalipun orang itu wafat keutamaan orang yang memakmurkan masjid dalam dasar ketakwaan: mendaptkan rumah di surga, amal jariyah yang terus mengalir, mendapatkan pahala yang berlipat ganda, dilapangkan rizki, dihapuskan dosanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aksebilitas; Difabel; Masjid; Penyediaan akses
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:22
Last Modified: 09 Jan 2023 03:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18939

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics