Makam sebagai acuan penentuan kiblat masjid : penentuan arah kiblat Masjid Al-Hidayah berdasarkan arah kiblat Makam Habib Hasan Bin Thoha Bib Yahya Semarang

Basrowi, Ahmat (2022) Makam sebagai acuan penentuan kiblat masjid : penentuan arah kiblat Masjid Al-Hidayah berdasarkan arah kiblat Makam Habib Hasan Bin Thoha Bib Yahya Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502046043_Ahmat Basrowi_Lengkap] Text (Skripsi_1502046043_Ahmat Basrowi_Lengkap)
1502046043_Ahmat Basrowi_Lengkap Tugas Akhir - ahmat basrowi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Masjid merupakan bangunan peribadatan yang sangat penting bagi umat islam. Salah satu paling hal terpenting dalam bangunan masjid adalah arah kiblat bagi bangunan masjid. Masjid Al-Hidayah yang terletak di Jalan Duku, Kelurahan Lamper Kidul, Kecamatan Semarang Selatan. Masjid yang memiliki arah kiblat unik. Arah kiblat Masjid Al-Hidayah mengacu atau mengikuti pada Makam Habib Hasan bin Thoha bin Yahya. Keberadaan Makam Habib Hasan bin Thoha bin Yahya menjadi asal muasal masjid dibangun. Berdiri sebuah mushola sederhana yang diperuntukkan untuk para peziarah Makam Habib Hasan bin Thoha bin Yahya. Mushola ini dibangun persis di timur Makam Habib Hasan bin Thoha bin Yahya. Sempat mengalami perubahan bangunan beberapa kali, namun tetap mempertahankan arah kiblat yang ada.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif (descriptive research) dengan pendekatan kepustakaan (library research) yang bertujuan untuk mengetahui lebih detail tentang kajian arah kiblat masjid dan makam dari segi teori, metode, perhitungan dan akurasinya dalam menentukan arah kiblat. Sumber data primer yang digunakan adalah data dari wawancara Takmir Masjid Al-Hidayah, Juru kunci Makam Habib Hasan bin Thoha bin Yahya, sedangkan data sekunder yang digunakan adalah literatur yang berkaitan dengan penentuan arah kiblat. Metode analisis data yang dilakukan peneliti adalah dengan cara menentukan arah kiblat menggunaka alat Istiwa’aini karya K.H. Slamet Hambali, yang kemudian diperoleh angka hasil dari pengukuran arah kiblat Masjid Al-Hidayah dan Bangunan Makam Habib Hasan bin Thoha bin Yahya dibandingkan untuk memperoleh korelasi antara dua bangunan tersebut.
Hasil penelitian ini merupakan hasil pengukuran dari kedua bangunan Masjid Al-Hidayah dan bangunan Makam Habib Hasan bin Thoha bin Yahya data perhitungan dan pengukuran Masjid Al-Hidayah dan bangunan Makam Habib Hasan bin Thoha bin Yahya. Dari hasil analisis data yang diperoleh kedua bangunan ini penulis menemukan kemelencengan arah kiblat sebesar 7° dari arah yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah kiblat; Habib Hasan; Masjid Al-Hidayah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Jan 2023 06:47
Last Modified: 09 Jan 2023 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18963

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics