Akurasi jadwal imsakiah Kementerian Agama Kabupaten Cilacap

Pujiati, Sri (2022) Akurasi jadwal imsakiah Kementerian Agama Kabupaten Cilacap. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702046054_Sri Pujiati_Lengkap] Text (Skripsi_1702046054_Sri Pujiati_Lengkap)
1702046054_Sri Pujiati_Full Skripsi - Sri Pujiati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Jadwal imsakiah merupakan bagian dari perhitungan awal waktu salat yang banyak beredar di masyarakat menjelang bulan Ramadan. Jadwal imsakiah di perlukan oleh masyarakat terkait pelaksanaan awal dan akhir puasa wajib disamping salat wajib lima waktu. Kementerian Agama Kabupaten Cilacap mengeluarkan jadwal imsakiah yang digunakan untuk wilayah Kabupaten Cilacap dengan elevasi 300 mdpl. Cilacap merupakan wilayah yang memiliki keadaan geografis yang berbeda ketinggian antara Cilacap Barat dengan Cilacap Kota.

Penelitian ini mengkaji dua permasalahan, yaitu: 1) Formula penyusunan jadwal imsakiah Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, dan 2) Akurasi dan relevansi jadwal imsakiah Kementerian Agama Kabupaten Cilacap. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Data primer bersumber dari jadwal imsakiah Kementerian Agama Kabupaten Cilacap. Sedangkan data sekunder diperoleh dengan wawancara dengan Kasi Bimas Islam H. Toha S.Ag. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif komparatif dengan teori perhitungan waktu salat Slamet Hambali.

Dari penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan. Pertama, Kementerian Agama Kabupaten Cilacap menggunakan formula sesuai Kementerian Agama RI dengan elevasi 300 mdpl dan ikhtiyath 1,5 – 2 menit untuk semua waktu salat. Kedua, jadwal imsakiah akurat dan relevan untuk selain waktu salat Subuh dan Imsak, karena untuk ketinggian mencapai 400 mdpl untuk waktu salat Subuh dan waktu Imsak memiliki selisih mencapai 4 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Awal waktu salat; Uji akurasi; Ketinggian tempat; Kementerian agama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.36 Special days of Islam. Saum Ramadhan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Jan 2023 08:53
Last Modified: 10 Jan 2023 08:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18980

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics