Ragam pendapat tokoh agama dan masyarakat terhadap upaya pelurusan arah kiblat Masjid-Masjid Kota Semarang

Musthafa, Muhammad Alfan Ali (2022) Ragam pendapat tokoh agama dan masyarakat terhadap upaya pelurusan arah kiblat Masjid-Masjid Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702046102_Muhammad Alfan Ali Musthafa_Lengkap] Text (Skripsi_1702046102_Muhammad Alfan Ali Musthafa_Lengkap)
1702046102_Muhammad Alfan Ali Musthafa_Full_Skripsi - Muhammad Alfan Ali Musthafa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan mengenai verifikasi kembali arah kiblat di masjid-masjid yang ada, selalu saja ada pihak yang menerima dan menolak perihal tersebut. Tak jarang didapati bahkan hingga terjadi konflik yang sampai memecah-belah masyarakat, hal ini terjadi juga di kota Semarang. Dari permasalahan inilah penulis tertarik untuk meneliti tentang ragam pendapat tokoh agama dan masyarakat terhadap upaya pelurusan arah kiblat masjid-masjid kota Semarang. Dari latar belakang tersebut, penulis merumuskan dua rumusan masalah: 1.) Bagaimanakah ragam pendapat tokoh agama dan masyarakat kota Semarang terhadap upaya pelurusan arah kiblat masjid-masjid kota Semarang? 2.) Bagaimanakah latar belakang pemahaman masyarakat umum dan pendapat tokoh agama kota Semarang terhadap urgensi pelurusan arah kiblat masjid dan musala?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berfokus kajian lapangan (field research). Data primer pada penelitian ini didapat dengan cara wawancara dan observasi di masjid Baitul Muttaqin dan masjid Darussalam Wonosari Ngaliyan, masjid Al-Barokah Sadeng, dan masjid Jami’ Nurul Huda Nongkosawit Gunungpati. Sedangkan data sekunder penulis peroleh dari berbagai dokumen yang terkait. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, bahwa semua sampel masjid terdapat kemelencengan terhadap Ka’bah sekitar ±5-12 derajat, dikarenakan perbedaan pemahaman ataupun metode yang digunakan dalam penentuan arah kiblat. Kedua, respon masyarakat terhadap verifikasi pengukuran arah kiblat kembali di masjid-masjid di kota Semarang, ada yang pro dan lainnya kontra dengan beberapa faktor yang mempengaruhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah kiblat; Verifikasi; Ragam pendapat; Kota Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:00
Last Modified: 11 Jan 2023 03:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18983

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics