Pernikahan beda agama menurut M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah

Listiyan, Vivin (2022) Pernikahan beda agama menurut M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1504026077_Vivin Listiyan_Lengkap] Text (Skripsi_1504026077_Vivin Listiyan_Lengkap)
skripsi full - 1504026077 Vivin Listiyan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pernikahan merupakan sesuatu yang luhur dan sakral, bermakna ibadah kepada Allah, mengikuti Sunnah Rasulullah dan dilaksanakan atas dasar keikhlasan, tanggung jawab, dan mengikuti ketentuan-ketentuan hukum yang harus diindahkan. Pernikahan beda agama bukan merupakan masalah yang mudah untuk dipecahkan begitu saja, karena permasalahan agama dan permasalahan perkawinan adalah masalah yang tidak bisa dipisah-pisahkan begitu saja. Hal ini dikarenakan persoalan perkawinan telah diatur Hukumnya oleh masing-masing agama, setiap agama mempunyai aturan yang berbeda mengenai persoalan perkawinan.Penelitian ini merupakan pandangan Quraish Shihab melihat permasalahan lingkungan dalam Pernikahan Beda Agama dalam tafsir al-Misbah.
Permasalahan ini di bahas melalui studi kepustakaan (library research). Data diperoleh melalui dokumentasi kitab tafsir al-misbah serta buku-buku yang berkaitan dengan lingkup pembahasan. Adapun metode yang digunakan ialah metode maudhu’i. Setelah data diperoleh kemudian dilakukan proses analisis data, menelaah dan merangkum dengan menggunakan analisis diskriptif.
Hasil penelitian ini yaitu bahwa bolehnya laki-laki muslim menikahi perempuan ahli kitab, tetapi tidak perempuan muslimah atas lelaki non muslim atau ahli kitab. Ini bukan saja dipahami dari teks ayat yang tidak menyebut hal tersebut, sebagaimana penyebutan makna, tetapi juga dari ayat- ayat yang lain serta pengamalan para sahabat. Perempuan yang dipilih untuk dinikahi hendaknya diprioritaskan yang muslimah, tetapi kalau pun harus selain mereka, maka boleh ahli kitab dengan syarat yang baik akhlaknya dan menjaga kehormatannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pernikahan; Quraish Shihab; Tafsir al-Misbah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Jan 2023 00:49
Last Modified: 16 Jan 2023 00:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18995

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics