Rasm Al-Qur'an dalam mushaf Al-Qur’an Kampung Kusamba, Bali

H, Moh Sanabila Alfian N (2022) Rasm Al-Qur'an dalam mushaf Al-Qur’an Kampung Kusamba, Bali. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804026061_MOH. SANABILA ALFIAN N H_FULL] Text (Skripsi_1804026061_MOH. SANABILA ALFIAN N H_FULL)
1804026061_MOH. SANABILA ALFIAN N H_FULL_Skripsi - Moh Sanabila Alfian NH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Mushaf Al-Qur’an Kampung Kusamba adalah manuskrip yang berasal dari desa Kampung Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali. Pulau Bali yang merupakan pulau dengan mayoritas Agama Hindu, justru terdapat manuskrip Al-Qur’an yang salah satunya Manuskrip kampung Kusamba yang menjadi bukti adanya perkembangan islam di Bali. disamping itu juga keunikan mushaf tersebut adanya keterangan pias diantaranya mengenai keterangan kaidah rasm us}ma>ni>, dan qira’at. Sehingga penulis akan meneliti lebih lanjut terkait aspek rasm-nya. Maka dari itu, tulisan ini hendak mengkaji mushaf tersebut dengan fokus berdasarkan pada kaidah ilmu rasm us}ma>ni>.
Kajian utama pada penelitian ini adalah model jenis rasm yang diterapkan pada manuskrip dengan tinjauan ilmu rasm us}ma>ni>. Dari pembahasan yang telah disebutkan, penelitian ini tertuju pada dua rumusan masalah, yaitu, 1. apakah rasm manuskrip Al-Qur’an Kampung Kusamba menggunakan rasm us}ma>ni> ?, 2. Mazhab rasm apa yang dominan dalam manuskrip Al-Qur’an Kusamba di surat al-Baqarah antara antara Abu> ‘Amr Al Da>ni dan Abu> Dawu>d ?.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan model studi Pustaka. Teknik pengumpulan data bersifat penelitian studi dokumen. Jadi penelitian ini berangkat dari sebuah dokumen yang ditelusuri dan dianalisis. Pengolahan data yang dilakukan dengan cara menganalisis temuan sebaran penulisan kata dalam Manuskrip Al-Qur’an Kampung Kusamba pada surat Al-Baqarah dengan tinjauan kaidah rasm us}ma>ni> berdasarkan riwayat Abu> ‘Amr Al Da>ni dan Abu> Dawu>d lalu mendeskripsikanya.
Hasil temuan dari penelitian ini adalah penggunaan rasm Manuskrip al-Qur’an Kampung Kusamba berdasarkan enam kaidah rasm us}ma>ni> ada yang sesuai dengan rasm us}ma>ni> dan ada yang tidak sesuai dengan rasm us}ma>ni> . Melalui temuan ini dapat dibuktikan bahwa implementasi rasm yang digunakan tidak hanya menggunakan satu jenis rasm. Adapun Manuskrip Al-Qur’an Kampung Kusamba lebih condong kepada Mazhab al-Dani dalam rasm-nya berdasarkan sebaran sample kaidah h}az\f pada surat Al Baqarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rasm Usmani; Al-Qur’an kampung Kusamba
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1221 Origin and Authenticity
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:39
Last Modified: 17 Jan 2023 04:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19008

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics