Resepsi pembacaan Surat Al-Fatihah setelah salat maghrib di Pesantren Ar-Rohmah, Jerakah, Semarang

Farroh, Dewi Atikal (2022) Resepsi pembacaan Surat Al-Fatihah setelah salat maghrib di Pesantren Ar-Rohmah, Jerakah, Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804026131_Dewi Atikal Farroh_Lengkap] Text (Skripsi_1804026131_Dewi Atikal Farroh_Lengkap)
1804026131_Dewi Atikal Farroh_Tugas Akhir - Dewi Atikal farroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Resepsi Pembacaan Surat Al-Fatihah Setelah Salat Maghrib Di Pesantren Ar-Rohmah, Jerakah, Semarang. Praktik pembacaan ini dilaksanakan setiap hari setelah salat Maghrib berjama'ah oleh santri putri pesantren ar-Rohmah Jerakah Semarang. Terdapat nilai penting yang terkandung di dalamnya sehingga melalui skripsi ini penulis ingin mencari tahu bagaimana latar belakang dilaksanakannya pembacaan surat al-Fatihah setelah salat Maghrib, bagaimana praktik pelaksanaannya, dan bagaimana pemaknaannya di pesantren ar-Rohmah Jerakah Semarang. Guna mencari jawaban atas rumusan masalah yang telah dipaparkan di atas, penulis menggunakan jenis penelitian field research yaitu dengan cara pengumpulan data di lapangan. Field research juga dikategorikan sebagai penelitian kualitatif deskriptif yang mana data-data dikumpulkan dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan penulis yaitu metode deskriptif-analisis. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu al-Qur'an dipraktikkan dengan difungsikan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah agar mendapatkan keberkahannya. Al-Qur'an dipercaya memiliki kekuatan yang luar biasa apabila dibaca maupun didengar. Makna dari praktik pembacaan surat al-Fatihah setelah salat Maghrib ini yaitu sebagai salah satu cara guna mendekatkan diri kepada Allah swt, dikabulkannya hajat atau keinginan kita, serta sebagai sarana mendapatkan keberkahan hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Surat Al-Fatihah; Resepsi fungsional; Pemaknaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1221 Origin and Authenticity
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:38
Last Modified: 17 Jan 2023 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19010

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics