Manajemen wisata religi makam Syech Junaedi Al Baghdadi Desa Randusanga Wetan Kabupaten Brebes

Alfarizi, Muhammad Salman (2022) Manajemen wisata religi makam Syech Junaedi Al Baghdadi Desa Randusanga Wetan Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036034_MUHAMMAD SALMAN ALFARIZI_SKRIPSI LENGKAP] Text (1701036034_MUHAMMAD SALMAN ALFARIZI_SKRIPSI LENGKAP)
1701036034_ MUHAMMAD SALMAN ALFARIZI_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Salman Alfarizi (1701036034). Penelitian ini berjudul Manajemen Wisata Religi Makam Syech Junaedi Al Baghdadi Desa Randusanga Wetan Kabupaten Brebes. Peneliti memfokuskan penelitian pada: penerapan fungsi-fungsi manajemen pada pengelolaan wisata religi Makam Syech Junaedi Al Baghdadi Desa Randusanga Wetan Kabupaten Brebes, sumber daya yang diperlukan dalam manajemen wisata religi Makam Syech Junaedi Al Baghdadi Desa Randusanga Wetan Kabupaten Brebes.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan diperoleh dari pengelola Makam Syech Junaedi Al Baghdadi, perangkat desa dan kepustakaan yang terkait dengan judul skripsi ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, manajemen wisata religi Makam Syech Junaedi Al Baghdadi sudah dijalankan berdasarkan penerapan fungsi-fungsi manajemen. Perencanaan meliputi perencanaan pengembangan, perencanaan kegiatan dan perencanaan pelayanan. Pengorganisasian yang dilakukan adalah dengan pembentukan struktur organisasi. Penggerakan yang dilakukan adalah dengan memberikan pengarahan, pemberian motivasi dan melaksanakan program kerja. Dan yang terakhir pengawasan yang dilakukan secara langsung oleh ketua pengelola. Pengelolaan pada Makam Syech Junaedi Al Baghdadi dilakukan oleh pengurus makam yang sebagian besar adalah warga sekitar, yang bertugas sebagai juru kunci sekarang adalah Bapak Syakur Romli.
Demi keberhasilan pelaksanaan manajemen wisata religi, pihak pengelola Makam Syech Junaedi Al Baghdadi memanfaatkan sumber daya manusia maupun sumber daya non manusia. Sumber daya manusia disini adalah pihak pengelola, pekerja dan peziarah, sedangkan sumber daya non manusia adalah keadaan alam sekitar dan alat-alat atau benda yang digunakan untuk mendukung proses manajemen, seperti sound system, karpet, genset dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Wisata; Wisata Religi; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.09 Historical, Geographic of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 13 Feb 2023 10:53
Last Modified: 13 Feb 2023 10:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19021

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics