Strategi pengembangan objek daya tarik wisata religi dalam perspektif sapta pesona di Makam Mbah Sambu Lasem

Sholihah, Fadhilatus (2022) Strategi pengembangan objek daya tarik wisata religi dalam perspektif sapta pesona di Makam Mbah Sambu Lasem. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036077] Text (1701036077)
1701036077 fadhilatus sholihah Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Fadhilatus Sholihah (1701036077) dengan skripsi berjudul : “Strategi Pengembangan Objek Daya Tarik Wisata Religi Dalam Perspektif Sapta Pesona (Studi Kasus Makam Mbah Sambu Lasem)”.
Makam merupakan tempat untuk orang yang sudah meninggal, makam ulama biasanya dijadikan objek wisata religi, makam ulama Lasem yaitu Mbah Sambu dijadikan sebagai objek wisata religi, banyak pengunjung yang datang untuk melakukan ziarah ke makam tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan 1). untuk mengetahui strategi pengembangan objek daya tarik wisata religi makam Mbah Sambu Lasem, 2). Untuk mengetahui perspektif sapta pesona dalam pengmbangan objek daya tarik wisata religi makam Mbah Sambu Lasem.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan jenis pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan sekunder, di mana data primer dalam penelitian ini diperoleh dari pengelola makam Mbah Sambu, sedangkan data skunder diperoleh dari peziarah, jurnal, buku-buku, internet, dokumentasi yang ada kaitannya dengan objek daya tarik wisata religi di makam Mbah Sambu.
Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa wisata religi di makam Mbah Sambu Lasem berjalan dengan baik. Pengembangan objek daya tarik wisata religi yang digunakan pengelola meliputi pengembangan atraksi dan daya tarik wisata, pengembangan amenitas dan akomodasi wisata, pengembangan aksesbilitas, pengembangan image, dan pengembangan sapta pesona. pengembangan atraksi dilakukan dengan kegiatan pengajian umum dan mengadakan event haul tahunan, pengembangan amenitas dan akomodasi wisata dilakukan dengan memperbaiki dan membangun fasilitas dan sara prasarana berupa membangun kamar mandi, tempat wudhu, dan memperluas tempat parkir, pengembangan aksesbilitas dilakukan dengan adanya petunjuk jalan ke arah makam yang berada pada tempat yang strategis sehingga mudah untuk dikunjungi, pengembangan citra wisata dilakukan dengan menerbitkan press release pada media, serta pengembangan sapta pesona meliputi pengembangan indah, bersih, aman, ramah, sejuk, tertib, dan kenangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pengembangan Objek Daya Tarik Wisata Religi; Sapta Pesona
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 16 Feb 2023 10:33
Last Modified: 16 Feb 2023 10:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19026

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics