Strategi dakwah K.H. Fadlolan Musyaffa’ di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang

Niam, Alfain Zida (2022) Strategi dakwah K.H. Fadlolan Musyaffa’ di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036120_ALFAIN ZIDA NIAM_SKRIPSI LENGKAP] Text (1701036120_ALFAIN ZIDA NIAM_SKRIPSI LENGKAP)
1701036120 Alfain Zida Niam Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

AIfain Zida Niam (1701036120) Strategi Dakwah K.H. Fadlolan Musyaffa’ di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang.
Sebuah strategi untuk pedoman menyampaikan dakwah kepada mad'u, seperti dakwah yang dilakukan oleh K.H. Fadlolan Musyaffa di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang, itulah yang menjadi peta jalan yang ingin dicapai. Salah satu strateginya dalam menyebarkan agama Islam adalah dengan mengajarkan pelajaran hidup kepada murid-muridnya sebagai salah satu cara untuk menghentikan kemerosotan akhlak dan budi pekerti yang merupakan dampak negatif dari modernitas. Dakwahnya berupaya menanamkan keutamaan-keutamaan generasi muda bangsa yang mulai menipis di zaman yang semakin berkembang ini sekaligus menyadarkan mereka secara intelektual, religius, dan global. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana strategi dakwah yang digunakan oleh K.H. Fadlolan Musyaffa’ di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Mijen Semarang.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang dalam situasi dunia nyata. Informasi yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumen, dan sumber dukungan lainnya selanjutnya diproses dan diperiksa secara kualitatif untuk menentukan hasilnya.
Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat diketahui bahwa strategi dakwah K.H. Fadlolan Musyaffa’ dijabarkan kedalam kegiatan harian, mingguan, bulanan dan temporer bagi santri di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan Semarang. Kiai Fadlolan menggunakan tiga strategi, yaitu; (1) Strategi Sentimentil berupa kegiatan Pengajian Bandongan Kitab Kuning, Pengajian Ahad Pagi, Motivasi, Pembacaan Mujahadah dan Manaqib, Pembacaan Maulid Dziba’ dan Burdah. (2) Strategi Rasional berupa Pendidikan formal MI, MTs, dan MA, Program Bilingual, Musyawarah dan (3) Strategi Indrawi berupa kegiatan Shalat Berjamaah, Peringatan Hari Besar Islam, Membentuk Perilaku Disiplin, Rihlah Ilmiah. Kegiatan-kegiatan tersebut diadakan guna membentuk santri-santri menjadi pribadi regilius yang siap menghadapi perubahan zaman. Sedangkan operasionalisasi dakwah KH. Fadlolan Musyaffa’ terbagi kedalam tiga tahapan. Tahap awal, berisi rumusan tujuan sebagai sasaran jangka panjang dan jangka pendek. Tahap kedua, yaitu merumuskan dan menentukan strategi dalam berbagai bidang Penyiaran Islam, Pendidikan, dan Pembinaan Ekonomi. Tahap Tiga, merumuskan dan menetapkan adanya jalinan hubungan yang komunikatif antara bagian-bagian atau satuan kerja di Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Dakwah; Operasionalisasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 16 Feb 2023 10:31
Last Modified: 16 Feb 2023 10:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19029

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics