Praktik pertambangan galian C perspektif Undang-undang Nmor. 3 tahun 2020 dan fiqh lingkungan hidup : studi kasus CV. Bumi Berlian di Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan

Billah, Ahmad Mu`tashim (2022) Praktik pertambangan galian C perspektif Undang-undang Nmor. 3 tahun 2020 dan fiqh lingkungan hidup : studi kasus CV. Bumi Berlian di Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702036007_Ahmad Mu`tashim Billah_Lengkap] Text (Skripsi_1702036007_Ahmad Mu`tashim Billah_Lengkap)
1702036007_Ahmad Mu`tashim Billah_Full Skripsi - ahmad mu_tashim billah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Memanfaatkan sumber daya alam yang begitu melimpah salah satunya batu kapur, termasuk dalam kategori bahan galian C, yang mana cara memperolehnya dengan melakukan pertambangan seperti aktifitas yang dilakukan oleh CV. Bumi Berlian. Sementara dampak yang dtimbulkan aktifitas tersebut tentunya kerusakan lingkungan, sementara lokasi pertambangan itu sendiri berdekatan dengan beberapa pemukiman warga. Tidak hanya itu seharusnya pertambangan tersebut memberikan manfaat secara berkelanjutan sebagai penunjang perekonomian tetapi justru sebaliknya. Berdasarkan latar belakang tersebut, skripsi ini membahas dua rumusan masalah yaitu tinjauan Undang-undang No. 3 Tahun 2020 tentng Pertambangan Mineral dan Batubara dan fiqh lingkungan hidup terhadap dampak praktik pertambangan galian C.
Penelitian ini merupakan penelitian normatif-empiris dengan data yang diperoleh melalui penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris sehingga data yang didapatkan merupakan data kualitatif yang menghasilkan data diskriptif serta didukung dengan observasi, wawancara, dokumentasi.
Penelitian ini berkesimpulan bahwa praktik pertambangan galian C tersebut terdapat pelanggaran terhadap Undang-undang yeng berlaku. dampak negatif bagi lingkungan sekitar. Sementara apabila dilihat dari fiqh lingkungan kegiatan tersbut juga terdapat madharat bagi linkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dampak penambangan galian C; Fiqh Al-Bi’ah; Maslahah mursalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:49
Last Modified: 19 Jan 2023 02:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19030

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics