Pengelolaan objek wisata makam Kyai Nur Muhammad Desa Ngadirejo Magelang

Firdaus, Zhillan (2022) Pengelolaan objek wisata makam Kyai Nur Muhammad Desa Ngadirejo Magelang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1801036024_ZHILLAN FIRDAUS_SKRIPSI LENGKAP] Text (1801036024_ZHILLAN FIRDAUS_SKRIPSI LENGKAP)
1801036024_zhillan firdaus_ Tugas Akhir - Zhillan Firdaus.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Zhillan Firdaus (1801036024) dengan judul: "Pengelolaan Objek Wisata Makam Kyai Nur Muhammad Desa Ngadirejo Magelang".
Pengelolaan Objek Wisata Makam Kyai Nur Muhammad merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di Kabupaten Magelang Desa Ngadirejo. Karomah yang dimiliki oleh Kyai Nur Muhammad yaitu menarik minat peziarah untuk berkunjung. Terkenal dengan karomahnya karena pada zaman dahulu Kyai Nur Muhammad sudah meninggal dan beliau bisa berbicara dengan manusia yang masih hidup. ialah Ahmad Kyai Dalhar. Ahmad Kyai Dalhar inilah orang yang berbicara dengan Kyai Nur Muhammad, dimana karomah yang dimiliki oleh Kyai Nur Muhammad telah memikat pengunjung, makamnya tetap dikenal oleh para peziarah yang berdatangan setiap tahunnya. Dalam kegiatan yang berjalan di makam tidak terlepas dari pengelolaan makam.
Untuk itu penulisan skripsi ini memfokuskan pada: 1. Bagaimana pengelolaan (Manajemen) objek wisata makam Kyai Nur Muhammad desa Ngadirejo Magelang? 2. Apa saja faktor pedukung dan penghambat dalam pengelolaan objek wisata makam Kyai Nur Muhammad desa Ngadirejo Magelang?.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yakni sebuah pendekatan yang menghasilkan data berupa kata-kata yang mendeskripsikan objek penelitian yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pengelolaan Objek Wisata Makam Kyai Nur Muhammad telah dikelola secara maksimal dalam bentuk fisik oleh BPM (Badan Pengelola Makam). Dimana pengelolaannya sudah berjalan dengan baik seiring dengan perkembangan makam. Untuk pengelolaan makam sendiri secara keseluruhan dipegang langsung oleh Bapak Ndowi selaku juru kunci makam. 2) Adapun faktor pendukung dan penghambat sebaga berikut Faktor pendukung: pengelolaan objek wisata makam Kyai Nur Muhammad sudah memenuhi SOP (Standard Operating Procedure) dan akses jalan yang mudah karena area lokasi makam tidak jauh dari jalan raya, sehingga bisa dilewati motor, mobil dan bus. Faktor penghambat: minimnya SDM yang kompeten dalam bidang promosi sehingga menyebabkan terhambatnya penyebaran informasi khusunya digital yang mengakibatkan masyarakat luar belum tahu adanya objek wisata di makam Kyai Nur Muhammad Desa Ngadirejo Magelang. Kurangnya kesadaran bagi masyarakat untuk menangkap peluang peningkatan ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhan para peziarah dan banyak peziarah yang kesulitan untuk menemukan lokasi makam karena tidak adanya papan penunjuk jalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Objek Wisata; Makam Kyai Nur Muhammad
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 16 Feb 2023 10:25
Last Modified: 16 Feb 2023 10:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19036

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics