Strategi dakwah melalui media sosial instagram Pondok Pesantren As-Sujuudiyyah Demak

Tsani, Muhammad Rizal (2022) Strategi dakwah melalui media sosial instagram Pondok Pesantren As-Sujuudiyyah Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1801036025_MUHAMMAD RIZAL TSANI_SKRIPSI LENGKAP] Text (1801036025_MUHAMMAD RIZAL TSANI_SKRIPSI LENGKAP)
1801036025_Muhammad Rizal Tsani_Lengkap Tugas Akhir.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Rizal Tsani 1801036025 dengan skripsi yang berjudul “Dakwah Melalui Media Sosial Instagram Pondok Pesantren As-Sujuudiyyah Demak”. Pondok Pesantren As-Sujuudiyyah merupakan salah satu ponpes di Demak yang mulai memanfaatkan media sosial khususnya Instagram sebagai sarana dakwah pada masa kini. Oleh sebab itu, peneliti ini mengambil objek penelitian di Pondok Pesantren As-Sujuudiyyah Demak mengenai Dakwah Melalui Media Sosial Instagram.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah Pondok Pesantren As-Sujuudiyyah Demak melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sifat penelitiannya adalah deskriptif. Hal tersebut karena penelitian ini akan lebih menekankan analisis terhadap suatu fenomena dan berorientasi untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal dan argumentative, terutama dalam menjawab rumusan masalah dari penelitian ini, mengenai bagaimana strategi dakwah melalui media sosial instagram Pondok Pesantren As-Sujuudiyyah Demak serta faktor pendukung dan penghambat yang dialami Pondok Pesantren As-Sujuudiyyah Demak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Kemudian setelah melalukan proses penelitian dan berhasil mengumpulkan data hasil penelitian, maka penulis menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya dakwah melalui media sosial Instagram Pondok Pesantren As-Sujuudiyyah Demak sesuai dengan menurut Al-Bayanuni dimana dakwah dilakukan dengan mentransfer pesan dakwah dengan lebih banyak melewati indera pendengaran (al-sam’) dan indra pengelihatan (al-abshar) serta ditambah akal yang sehat (al-af’idah). Pengimplentasian yang dilakukan dengan cara mengunggah foto-foto maupun video yang memberikan pesan dakwah, dengan harapan dapat bermanfaat bagi penerima dakwah (mad’u). Pemanfaatan fitur-fitur yang ada juga menjadikan konten dakwah dapat lebih menarik. Sehingga dapat lebih memberikan kesan yang baik dan lebih memudahkan tersampaikannya pesan dakwah pada mad’u.
Dakwah melalui media sosial Instagram Pondok Pesantren As-Sujuudiyyah Demak dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat yang ada. Faktor pendukung yang ada pada ponpes meliputi: a) adanya Balai Latihan Kerja (BLK). b) Dukungan ridho pihak ndalem. c) Dukungan para alumni ponpes. Sedangkan faktor penghambatnya terdiri atas: a) Tidak adanya waktu untuk pembelajaran lebih lanjut terkait dengan teknologi desain grafis. b) kurangnya semangat untuk lebih konsisten mengelola media ponpes.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Dakwah; Media sosial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:39
Last Modified: 24 Jan 2023 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19037

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics