Peran KUA Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dalam meminimalisir angka pernikahan di bawah umur

Firlyani, Afikha (2022) Peran KUA Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dalam meminimalisir angka pernikahan di bawah umur. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1801036028_AFIKHA FIRLYANI_SKRIPSI LENGKAP] Text (1801036028_AFIKHA FIRLYANI_SKRIPSI LENGKAP)
1801036028_Afikha Firlyani_FULL_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Judul : Peran KUA Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Dalam Menekan Angka Pernikahan Di bawah Umur
Penulis : Afikha Firlyani
NIM : 1801036028

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran KUA Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dalam menekan angka pernikahan di bawah umur. Kemudian pokok masalah tersebut diuraikan kedalam beberapa sub masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Apa saja faktor yang melatarbelakangi terjadinya pernikahan di bawah umur di Kecamatan Bumiayu? 2) Bagaimana peran KUA Kecaatan Bumiayu Kabupaten Brebes dalam meminimalisir pernikahan di bawah umur? 3) Sejauhmana efektivitas peran KUA dalam meminimalisir angka pernikahan di bawah umur di KUA Kecamatan Bumiayu?
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu, wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data mereduksi data dengan merangkum dan memilih hal yang pokok), penyajian data yaitu menyajikkan sekumpulan informasi dan diklasifikasikan, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi diutarakan dari data-data yang telah diperoleh.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa peran KUA Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dalam meminimalisir angka pernikahan di bawah umur, faktor yang melatarbelakangi terjadinya pernikahan di bawah umur di Kecamatan Bumiayu yaitu, 1) faktor Orang tua yang merasa khawatir kepada anaknya takut terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif 2), faktor pendidikan yang rendah dapat mempengaruhi pola pikir seseorang dalam memahami aturan pernikahan, 3) faktor pegaulan bebas yang memiliki dampak hamil di luar nikah, seks bebas dan kehamilan tidak diinginkan. Peran KUA Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dalam meminimalisir angka pernikahan di bawah umur. KUA sebagai pelayanan di bidang keagamaan yang paling dekat dengan masyarakat menjalankan perannya guna meminimalisir angka pernikahan di bawah umur melalui: (a) pelayanan administrasi, (b) penyuluhan dan sosialisasi UU Perkawinan, (c) Pelayanan di bidang kepenghuluan. Efektivitas peran KUA ditunjukkan melalui upaya-upaya yang dilakukan KUA dalam menekan angka pernikahan di bawah umur, hasilnya upaya yang dilakukan KUA Kecamatan Bumiayu memberikan yang terbaik atas upaya-upaya yang dilakukan dan megoptimalkannya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran KUA; Pernikahan di bawah umur; Pernikahan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:49
Last Modified: 24 Jan 2023 07:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19038

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics