Optimalisasi zakat produktif program EMN (Ekonomi Mandiri NU care) LAZISNU Kabupaten Kendal dalam meningkatkan taraf hidup mustahik

Fudhla, Anti Wildatul (2022) Optimalisasi zakat produktif program EMN (Ekonomi Mandiri NU care) LAZISNU Kabupaten Kendal dalam meningkatkan taraf hidup mustahik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1801036030_ANTI  WILDATUL FUDHLA_SKRIPSI LENGKAP] Text (1801036030_ANTI WILDATUL FUDHLA_SKRIPSI LENGKAP)
1801036030_Anti Wildatul Fudhla_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul : Optimalisasi Zakat Produktif Program EMN (Ekonomi Mandiri NU Care) LAZISNU Kabupaten Kendal dalam Meningkatkan Taraf Hidup Mustahik. Penelitian ini dilatarbelakangi perolehan dana zakat produktif program EMN (Ekonomi Mandiri NU Care) LAZISNU Kabupaten Kendal yang disalurkan secara produktif masih terbilang belum cukup banyak dibandingkan dengan lembaga zakat lainya, dikarenakan masih banyak masyarakat di Kabupaten Kendal yang menyalurkan dana zakat secara individual atau tidak melalui lembaga, sehingga zakat yang diterima hanya digunakan sebagai kebutuhan konsumtif saja. Hal tersebut dirasa kurang membantu meningkatkan taraf hidup mustahik karena tidak dapat digunakan dalam jangka panjang. LAZISNU Kabupaten Kendal berupaya mengoptimalkan pengelolaan zakat produktif agar dana yang diperoleh dari penghimpunan dana zakat produktif mampu memenuhi kebutuhan mustahik yang dapat digunakan sebagai kegiatan produktivitas untuk jangka panjang dan dapat mencapai tujuan yaitu meningkatkan taraf hidup mustahik. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan optimalisasi zakat produktif program EMN (Ekonomi Mandiri NU Care) LAZISNU Kabupaten Kendal dalam meningkatkan taraf hidup mustahik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di LAZISNU Kabupaten Kendal dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif analistis yaitu dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data-data yang telah terkumpul dan menganalisnya dengan teori-teori yang terkait. Kemudian dari data yang terkumpul, peneliti menganalisis menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan zakat produktif program EMN (Ekonomi Mandiri NU Care) di LAZISNU Kabupaten Kendal telah dilaksanakan dengan baik dan optimal. Hasil di lapangan menunjukkan bahwa dengan adanya zakat produktif program EMN (Ekonomi Mandiri NU Care) LAZISNU Kabupaten Kendal ini mustahik mengalami peningkatan taraf hidup. Peningkatan taraf hidup ini dapat dilihat dari beberapa indikator, yaitu peningkatan pendapatan, kondisi pendidikan anak, kondisi kesehatan keluarga dan perubahan status yang sebelumnya mustahik menjadi muzakki setelah mendapatkan zakat produktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat; Produktif; Taraf Hidup
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 16 Feb 2023 10:07
Last Modified: 16 Feb 2023 10:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19039

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics