Implementasi fungsi-fungsi manajemen dakwah dalam pengelolaan makam Syekh Maulana Syamsudin di Pemalang

Kiana, Risma Siamira (2022) Implementasi fungsi-fungsi manajemen dakwah dalam pengelolaan makam Syekh Maulana Syamsudin di Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1801036062_RISMA SIAMIRA KIANA_SKRIPSI LENGKAP] Text (1801036062_RISMA SIAMIRA KIANA_SKRIPSI LENGKAP)
1801036062_Risma Siamira Kiana_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Risma Siamira Kiana. (1801036062) dengan judul Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dakwah Dalam Pengelolaan Makam Syekh Maulana Syamsudin Di Pemalang. Penerapan fungsi-fungsi manajemen dakwah pada Makam Syekh Maulana Syamsudin memiliki peran penting agar setiap program kegiatannya dapat diterima oleh masyarakat. Pengelolaan berfungsi untuk menyediakan sekaligus menyatukan sumber daya baik fisik, keuangan, maupun manusia dan mengembangkan hubungan yang produktif untuk mencapai tujuan organisasi, agar terciptanya makam kramat yang berkembang. Makam kramat yang memiliki penerapan fungsi pengelolan yang baik akan menggiring peziarah tertarik untuk berkunjung untuk berdoa dan bertawasul. Tujuan dari peziarah berdo’a dan bertawasul agar do’anya cepat sampai kepada Allah SWT.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana fungsi-fungsi manajemen dakwah dalam pengelolaan Makam Syekh Maulana Syamsudin di Pemalang. (2) apa saja sumber daya yang diperlukan dalam pengelolaan Makam Syekh Maulana Syamsudin di Pemalang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi manajemen dakwah dalam pengelolaan Makam Syekh Maulana Syamssudin di Pemalang dan mengetahui sumber daya yang diperlukan dalam pengelolaan Makam Syekh Maulana Syamsudin di Pemalang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisi kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi fungsi-fungsi manajemn dakwah dalam pengelolaan Makam Syekh Maulana Syamsudin di Pemalang sudah menerapkan fungsi-fungsi manajemen dakwah perencanan dakwah (Tarkhtith) adalah proses menentukan tujuan yang ingin dicapai, pengorganisasian dakwah (Thanzim) adalah proses membagi dan mengelompokan pekerjaan, penggerakan dakwah (Tawjih) adalah proses memberikan arahan kepada sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan, pengendalian dan evaluasi dakwah (Riqobah) adalah kegiatan mengawasi serta memberikan penilain terhadap tujuan yang telah ditentukan. Adapun sumber daya yang diperlukan dalam pengelolaan Makam Sykeh Maulana Syamsudin ada dua yaitu sumber daya manusia adalah manusia yang bekerja di lingkungan suatu organisasi, sedangkan sumber daya non manusia adalah sumber daya yang didukung yang dikelola untuk membantu tenaga kerja manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Makam; Sumberdaya; Keagamaan; Masyarakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 16 Feb 2023 10:04
Last Modified: 16 Feb 2023 10:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19041

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics