Manajemen dakwah dalam meningkatkan kualitas spiritual jama’ah di manajemen fitrah institute (MFI) Kota Semarang

Farkhanah, Ikmali (2022) Manajemen dakwah dalam meningkatkan kualitas spiritual jama’ah di manajemen fitrah institute (MFI) Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1801036119_IKMALI FARKHANAH_SKRIPSI LENGKAP] Text (1801036119_IKMALI FARKHANAH_SKRIPSI LENGKAP)
1801036119_Ikmali farkhanah_LENGKAP Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ikmali Farkhanah, NIM: 1801036119 dengan judul “Manajemen Dakwah Dalam Meningkatkan Kualitas Spiritual Jamaah di Manajemen Fitrah Institute (MFI) Kota Semarang”.
Islam secara esensial yaitu mengajarkan sikap hidup pada jalan kebenaran dan budi pekerti. Dakwah merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan seorang muslim yaitu dengan menyerukan amar ma’ruf nahi mungkar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui Manajemen Fitrah Institute dalam menerapkan manajemen dakwah dan 2) untuk mengetahui manajemen dakwah dalam meningkatkan kualitas spiritual jamaah di Manajemen Fitrah Institute (MFI) Kota Semarang
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu dengan menggambrakan, menjelaskan, fakta yang sesuai di lapangan. Untuk memperoleh data penulis menggunakan sumber data primer yaitu, dengan wawancara, dan obervasi. Sumber data sekunder didapatkan melalui buku, jurnal, dan dokumen. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian adalah: 1) Manajemen Fitrah Institute merupakan pengembangan teknologi kesadaraan manusia pada bidang spiritual, emosi, intelektual untuk hidup dengan seimbang dan utuh seluruh kekuatan, keceerdasan dan kesadaran fitrahnya sehingga dapat mengubah hidup untuk sukses dunia akhirat. Manjemen dakwah di Manajemen Fitrah Institute sudah cukup baik dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen, mulai dari Perencanaan, organisasi, penggerakan dan evaluasi sehingga berjalan dengan semestinya. Mulai dari perencanaan yaitu dengan menyusun program kegiatan yang akan dilaksanakan, membuat struktur kepengurursan, menggerakan dakwah dan melakukan evaluasi untuk mengetahui hasil kegiatan yang telah berlangsung. 2) Manajemen dakwah dalam meningkatkan kualitas spiritual di manajemen fitrah yaitu dengan adanya program kegiatan ngaji tauhid, ngaji kehidupan dan melakukan latihan-latihan yang dibuat oleh Manajemen Fitrah Institute (MFI) sehingga mampu untuk meningkatkan kualitas spiritual jamaah dan juga banyak yang mengalami perubahan positif dalam kehidupan mad’u. seperti lebih menyukai ibadah, lebih ikhlas dan tawakal atas kehendak Allah. Maka manajemen dakwah yang diterapkan oleh manajemen fitrah ini dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Dakwah; Kualitas spiritual
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:56
Last Modified: 24 Jan 2023 07:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19042

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics