Strategi promosi Surya Yudha Park dalam pemasaran wisata manasik haji di Banjarnegara

Al'fiah, Neli Huzainatun (2022) Strategi promosi Surya Yudha Park dalam pemasaran wisata manasik haji di Banjarnegara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1801036123_NELI HUZAINATUN AL'FIAH_SKRIPSI LENGKAP] Text (1801036123_NELI HUZAINATUN AL'FIAH_SKRIPSI LENGKAP)
1801036123_NELI_FULLSKRPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Wisata Manasik Haji dan Umrah selain menjadi tempat pelatihan manasik bagi para jamaah haji umrah juga menjadi sarana edukasi bagi sebagian masyarakat. Wisata manasik memiliki area yang menyerupai aslinya, kronologi atau replika-replika yang lengkap serta tempatnya memadai, terdapat fasilitas yang nyaman serta lokasi wisata yang dipusat kota sehingga memudahkan akses untuk berkunjung. Berbagai daya tarik pada wisata Manasik Haji perlu dilakukan sebuah promosi yang berkelanjutan dengan memanfaatkan beberapa media yang efektif oleh Surya Yudha Park. Penulisan skripsi ini berfokus pada: 1. Bagaimana strategi promosi Surya Yudha Park dalam pemasaran wisata Manasik Haji di Banjarnegara? 2.Apa yang menjadi kendala Strategi Promosi Surya Yudha Park dalam pemasaran wisata Manasik Haji di Banjarnegara
Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah guna mencari tahu strategi promosi Surya Yudha Park dalam memasarkan Wisata Manasik Haji di Banjarnegara serta untuk mengetahui kendala strategi promosi Surya Yudha Park dalam pemasaran wisata Manasik Haji di Banjarnegara. Penelitian ini memakai metode kua1itatif desktriptif. Teknik pengumpu1an data da1am penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan: Pertama strategi promosi yang dilakukan oleh Surya Yudha Park dalam pemasaran wisata manasik antara lain strategi kerjasama dengan beberapa sekolah dan biro haji umrah. Kemudian Strategi penggunaan media cetak seperti brosur, flyer dan media sosial seperti instagram, facebook, website. Strategi paket wisata yang didalamnya ada bundling dengan wahana lain yang ada di Surya Yudha Park, serta strategi pengiriman duta dalam event yang di dalamnya dilakukan flyring. Kedua kendala dalam pelaksanaan startegi promosi yang dilakukan Oleh Surya Yudha Park dalam pemasaran wisata manasik yaitu: fasilitas yang perlu dikembangkan lagi baik memperbaiki yang sudah ada tau menambahnya sesuai fungsinya, jadwal kunjungan wisatawan yang bisa bertabrakan karena tidak tepatnya waktu kunjungan. Dengan minimnya kendala yang terjadi membuktikan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Surya Yudha Park berjalan dengan baik dan sesuai sasaran pemasaran wisata manasik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wisata religi; Strategi promosi; Manasik haji dan umrah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:55
Last Modified: 24 Jan 2023 07:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19043

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics