Tinjauan hukum Islam terhadap layanan Top Up Gopay dan layanan Top Up Dana : studi kasus pembayaran Alfamart

Rahmawati, Puji (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap layanan Top Up Gopay dan layanan Top Up Dana : studi kasus pembayaran Alfamart. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036016_Puji Rahmawati_Lengkap] Text (Skripsi_1802036016_Puji Rahmawati_Lengkap)
1802036016_Puji Rahmawati_Lengkap Tugas Akhir - Puji Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Banyak transaksi yang dilakukan sekarang ini, membuat masyarakat cenderung beralih dari transaksi tunai menjadi transaksi non tunai. Layanan Top up Gopay dan Dana Pada pembayaran Alfamart ini menjadi solusinya namun saat kita melakukan top up Gopay dan Dana terdapat perbedaan diantara keduanya yaitu jika melakukan top up Gopay dikenakan biaya administrasi Rp 2.000,00 namun berbeda jika melakukan top up Dana tidak dikenakan biaya administrasi. Praktik Top up Gopay dan Dana memunculkan masalah bagaimana terjadi perbedaan top up diantara keduanya.
Penelitian dengan judul “Tinjauan Hukum Islam terhadap Layanan Top Up Gopay dan Top Up Dana (studi kasus pembayaran Alfamart)”, memiliki rumusan masalah bagaimana praktik layanan top up Gopay dan layanan top up Dana dan bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap layanan top up Gopay dan top up Dana.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dn komperatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis yang digunakan dengan cara reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyatakan layanan top up Gopay dan top up Dana pembayaran Alfamart menurut Hukum Islam diperbolehkan, top up Gopay diperbolehkan karena menggunakan akad ijarah. Hal ini diperbolehkan selama ijarah berupa akad muawadhah (berbayar) sedangakan praktik layanan top up Dana diperbolehkan karena menggunakan akad wadi’ah, akad wadi’ah hukumnya boleh dan mandub (disunnahkan) dalam rangka tolong menolong sesama manusia dan bukan untuk tujuan mencari keuntungan materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ijarah; Wadi’ah; Top up Gopay; Alfamart
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:33
Last Modified: 24 Jan 2023 01:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19052

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics