Analisis hukum Islam terhadap jual beli handbody lotion dosis tinggi : studi kasus di Shopee toko Agen Cream Lotion Pemutih

Sofyan, Vina Septyani (2022) Analisis hukum Islam terhadap jual beli handbody lotion dosis tinggi : studi kasus di Shopee toko Agen Cream Lotion Pemutih. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036099_Vina Septyani Sofyan_Lengkap] Text (Skripsi_1802036099_Vina Septyani Sofyan_Lengkap)
Vina SeptyaniI_099_SKRIPSI FULL - Vina Septyani Sofyan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Toko agen cream lotion pemutih yang sudah mempunyai label merek sendiri akan tetapi mengenai kehalalan produk handbody lotion pemutih yang masih diragukan, karena kemasan belum memiliki label dari BPOM serta tidak ada keterangan kandungan isian termasuk ke dalam handbody lotion dosis tinggi yang dijual dengan harga sangat murah. Hal ini menandakan bahwa handbody lotion tersebut belum melalui uji pada proses pendaftaran kosmetik yang sesuai dengan peraturan pemerintah dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 Pasal (1).
Penelitian ini bertujuan menjelaskan analisis ilmiah terhadap kandungan produk serta tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli handbody lotion dosis tinggi di toko agen cream lotion pemutih.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan normatif dan mengacu pada ketentuan fikih muamalah. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, dalam jual beli handbody lotion dosis tinggi dilarang untuk diperjual belikan karena adanya ketidakjelasan (gharar) pada kandungan produk serta mengandung komposisi yang membahayakan. Oleh karena itu, dalam perspektif hukum Islam praktik jual beli tersebut tidak sah. Kedua, perpektif hukum Islam rukun jual beli handbody lotion dosis tinggi sudah terpenuhi, akan tetapi objek jual beli (ma’qud’alaih) tidak terpenuhi karena handbody lotion dosis tinggi tidak mencantumkan komposisi pada label produk, cara pemakaian dan mengandung bahan aktif berbahaya bagi konsumen sehingga tidak memberikan manfaat bagi konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual beli; Handbod; lotion; Kosmetik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:53
Last Modified: 24 Jan 2023 04:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19057

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics