Analisis hukum Islam terhadap praktik sewa kios Bumdes Desa Jambearum Kecamatan Patebon Kendal

Qomarudin, Ahmad (2022) Analisis hukum Islam terhadap praktik sewa kios Bumdes Desa Jambearum Kecamatan Patebon Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036110_A Qomarudin_Lengkap] Text (Skripsi_1802036110_A Qomarudin_Lengkap)
1802036110_A Qomarudin_Lengkap Tugas Akhir - 110 Ahmad Qom..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Al – Ijarah ialah sewa menyewa. Sewa menyewa yang dimaksud ialah suatu perjanjian dimana pihak yang satu mengikatkan diri untuk memberikan kepada pihak lainnya untuk menikmati manfaat dari suatu barang dalam jangka waktu tertentu dengan membayar sejumlah harga yang nominalnya sesuai dengan kesepakatan. Namun, pada kenyataanya Sewa Menyewa yang benar menurut Islam belum semua masyarakat melaksanakannya terutama pada warga Desa Jambearum, Patebon Kabupaten Kendal.Pokok masalah penelitian ini adalah pertama, Bagaimana praktik sewa kios BUMDes dan sitem pembayaran sewa kios BUMDes. Kedua, Bagaimana analisis hukum Islam terhadap pelanggaran perjanjian akad ijarah pada pembayaran sewa kiosbumdes sistem tahunan di desa jambearum kecamatan patebon kabupaten kendal
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif sosiologis, sumber data yang digunakan yaitu primer, sekunder dan sumber hukum. Metode pengumpulan data penelitian yang dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan analisis pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa praktik sewa kios dan sistem pembayaran kios BUMDes terkait rukun dan syaratnya pun masih belum jelas terkait ketentuannya pun belum jelas dan pelanggaran perjanjian pada pembayaran sewa kios sistem tahunan terjadi penunggakan dan tidak ada kejelasan membayar maka dapat disebut wanprestasi sewa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-ijarah; Sewa kios; Wanprestasi; Bumdes
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:19
Last Modified: 24 Jan 2023 06:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19059

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics