Tinjauan hukum Islam terhadap praktek jual beli bawang merah sistem timbang buangan : studi Kasus Desa Sidamulya Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes

Sulistiawati, Popi (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap praktek jual beli bawang merah sistem timbang buangan : studi Kasus Desa Sidamulya Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036141_Popi Sulistiawati_Lengkap] Text (Skripsi_1802036141_Popi Sulistiawati_Lengkap)
1802036141_Popi Sulistiawati_Lengkap Tugas Akhir - Popi Sulistiawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Jual beli merupakan salah satu akad yang paling sering digunakan masyarakat dalam kegiatan ekonomi, jual beli didefinisikan sebagai tukar menukar barang ataupun harta yang dilakukan dengan cara tertentu antara kedua belah pihak. Jual beli adalah akad paling umum yang digunakan masyarakat karena jual beli merupakan suatu upaya manusia agar dapat memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Jual beli bawang merah yang terjadi di Desa Sidamulya Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes yang sudah menjadi suatu adat kebiasaan wilayah tersebut merupakan transaksi jual beli bawang merah yang terdapat buangan disetiap timbangannya, misalnya timbangan 100 kg maka akan mendapatkan buangan 5-7 kg. Hal tersebut biasa dilakukan para bakul ketika membeli bawang merah, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kerugian atas menyusutnya bawang merah yang dibeli. Pada penelitian ini terdapat pokok permasalahan yaitu pertama, bagaimana praktek jual beli bawang merah sistem timbang buangan di Desa Sidamulya Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktek jual beli bawang merah sistemtimbang buangan di Desa Sidamulya Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.
Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Jual Beli Bawang Merah Sistem Timbang Buangan (Studi Kasus Desa Sidamulya Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes). Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian non doktrinal dengan menggunakan metode normatif empiris, sumber data yang digunakan yaitu data primer hasil wawancara dengan informan penelitian dan data sekunder berupa dokumen-dokumen resmi, buku-buku, dan hasil penelitian sebelunya yang relevan dengan penelitian ini. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik dokumentasi, observasi non participant, wawancara, dan analisis menggunakan metode deskripti kualitatif.
Penelitian ini menunjukan hasil bahwa pada praktek jual beli bawang merah dengan cara timbang buangan di Desa Sidamulya Kecamatan Wanasari yang mana para petani (penjual) menjual bawang merah kepada bakul (pembeli) yang kemudian bakul membeli dengan adanya sistem buangan tersebut dimana timbangan 100kg maka akan ada buangan atau pengurangan 5-7kg, hal tersebut dilakukan para bakul karena mengantisipasi kerugian dari penyusutan bawang merah setiap harinya. Dari implementasi tersebut jual beli dengan sistem timbang buangan masih belum memenuhi syarat dari ma’qud alaih atau objek barang yang mana salah satu syaratnya harus sesuai dengan takaran. Kemudian jual beli bawang merah sistem timbang buangan diperbolehkan atau sah, karena kedua belah pihak baik petani maupun bakul sudah saling rela seperti dalam konsep jual beli pada dasarnya عَنْ تَرَاضٍ . Dan jual beli bawang merah sistem timbang buangan merupakan suatu kemashlahatan bagi masayarakat, yang mana hal tersebut sudah menjadi adat (urf) yang biasa dilakukan. Kemudian untuk menghindari terjadinya kemudharatan bagi kedua belah pihak antara petani maupun bakul bawang merah. Seperti dalam teori fiqh muamalah segala sesuatu pada asalnya boleh selama tidak ada dalil yang melarang berbuatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual beli; Timbang buangan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:51
Last Modified: 24 Jan 2023 06:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19061

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics