Syukur sebagai psikoterapi quarter life crisis

Herliana, Dita (2022) Syukur sebagai psikoterapi quarter life crisis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1504046049_Dita Herliana_Lengkap] Text (Skripsi_1504046049_Dita Herliana_Lengkap)
1504046049_Dita Herliana_Lengkap tugas akhir - Dita Herliana.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang syukur sebagai psikoterapi Quarter Life Crisis. Quarter Life Crisis merupakan fenomena psikososial yang terjadi pada individu berusia 20-29 tahun. Quarter Life Crisis terjadi pada individu yang memasuki fase transisi dari masa remaja menuju masa dewasa awal. Gejala yang terlihat adalah perasaan cemas, tidak nyaman, kebingungan dalam menentukan tujuan hidup, merasa bersalah, dan tidak puas dengan pencapaian hidupnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep syukur yang nantinya bisa menjadi metode psikoterapi dalam individu menghadapi Quarter Life Crisis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik Library Research, dan dokumentasi sebagai metode pengumupulan data. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode deskriptif analisis sebagai metode pemecahan masalah dengan menggambarkan / melukiskan keadaan subyek/obyek penelitian pada masa sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak sebagaimana adanya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 4 aspek yang dapat digunakan sebagai pendekatan psikoterapi, yaitu iman, ibadah, ihsan, dan tasawuf. Adapun langkah syukur sebagai metode terapi menghadapi Quarter Life Crisis adalah dengan menggunakan latihan syukur yang bisa dilakukan individu setiap harinya. Cara tersebut diantaranya : mengucapkan Alhamdulillah setiap waktu, membuat sistem pengingat, menuliskan catatan syukur setiap hari, menciptakan gelombang syukur di alam terbuka, melakukan meditasi, serta menuliskan kartu ucapan “terima kasih”. Semua cara itu jika dilandasi dengan 4 aspek pendekatan psikoterapi, maka akan menjadikan individu memiliki sikap yang optimis, meningkatkan kepercayaan diri, memiliki keberanian dalam menghadapi setiap permasalahan, dekat dengan Allah SWT, serta memiliki ketenangan dan ketentraman jiwa, sehingga individu dapat mengatasi persoalan terkait dengan Quarter Life Crisis secara lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Syukur; Psikoterapi; Quarter life cris
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:50
Last Modified: 26 Jan 2023 02:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19085

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics