Implementasi hypnoparenting dalam perkembangan moral pada anak usia dini

Ichwaniati, Fatimah Nur (2022) Implementasi hypnoparenting dalam perkembangan moral pada anak usia dini. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1504046059_FATIMAH NUR ICHWANIATI_FULL] Text (Skripsi_1504046059_FATIMAH NUR ICHWANIATI_FULL)
1504046059_FATIMAH NUR ICHWANIATI_FULL_SKRIPSI - Fanisa Fafa(2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan Moral merupakan salah satu proses perubahan yang terjadi karena faktor lingkungan, bukan karena sejak lahir. Arti kata moral merupakan akhlak atau kesucian dalam tingkah laku dalam hidup. Moral bisa berupa wejangan, masukan-masukan yang berupa kalimat positif. Dalam menumbuhkan perkembangan moral tak lepas dari adanya komunikasi. Komunikasi yang baik adanya respon dari dua arah. Komunikasi yang baik bersifat mendorong, penuh perhatian. Sehingga berguna untuk meningkatkan kualitas dalam menumbuhkembangkan moral pada anak. Bentuk komunikasi beraneka ragam, salah satunya melalui teknik hypoparenting. Hypnoparenting sebuah teknik memasukkan sugesti positif pada anak, sehingga dapat tersimpan dalam alam bawah sadar anak. Hypnoparenting juga dikatakan sebagai bentuk komunikasi pada alam bawah sadar anak. Pada dasarnya hypnoparenting dapat digunakan dalam keadaan akan menidurkan anak. Karena itulah, sugesti-sugesti positif diberikan yang nantinya anak akan mengikuti perubahan dalam tingkah laku sesuai sugesti yang diberikan oleh orang tua.
Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Ibu dari orang tua yang menerapkan metode hypnoparenting dalam mendidik anaknya. Data sekundernya berupa keluarga terdekat, jurnal serta kajian-kajian ilmiah yang relevan dengan penelitian ini. Untuk menguji keabsahan data guna mengatur validitas dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian, perkembangan moral pada anak usia dini yang dilakukan dengan metode hypnoparenting di Perumahan Witjitra Land Langenharjo Kendal, adanya perubahan positif dengan menggunakan metode tersebut dalam mendidik anak. Karena menghasilkan dampak perilaku yang positif bagi sang anak sehingga dapat mengembangkan moral pada anak usia dini. Selain itu adanya peningkatan dalam segi kecerdasan bahasa/ linguistik, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan eksistensial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hypnosis; Hypnoparenting; Perkembangan moral; Anak usia dini
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:36
Last Modified: 26 Jan 2023 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19086

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics