Tawakal dalam mengatasi dinamika burnout mengerjakan skripsi pada mahasiswa tasawuf dan psikoterapi 2018

Suci, Septiani Triana (2022) Tawakal dalam mengatasi dinamika burnout mengerjakan skripsi pada mahasiswa tasawuf dan psikoterapi 2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046003_Septiani Triana Suci_Lengkap] Text (Skripsi_1804046003_Septiani Triana Suci_Lengkap)
1804046003_Septiani Triana Suci_Lengkap Tugas Akhir - Septiani Triana Suci.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika burnout mengerjakan skripsi pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi 2018 dan mengetahui bagaimana tawakal dalam mengatasi burnout mengerjakan skripsi pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek diambil melalui purposive sampling sebanyak 3 orang yaitu DR, MIR, dan NAJ. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah (1) DR mengalami kendala dalam mengerjakan skripsi seperti kesulitan dalam mengajukan judul, kendala dengan dosen pembimbing, dan karena faktor internal. Hal ini membuat DR mengalami burnout. mengerjakan skripsi (2) MIR mengalami kendala dalam mengerjakan skripsi seperti dosen pembimbing yang sulit menerima judul, kurangnya pemahaman mengenai penelitian, dan juga karena faktor lingkungan atau teman. Hal ini membuat MIR mengalami burnout mengerjakan skripsi (3) NAJ mengalami kendala dalam mengerjakan skripsi seperti berganti judul, kendala dengan materi, dan juga faktor dari lingkungan. Hal ini membuat NAJ mengalami burnout. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tawakal dapat mengatasi dinamika burnout mengerjakan skripsi pada mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi 2018, dengan menerapkan sikap berserah diri sepenuhnya kepada Allah membuat diri lebih tenang, damai, dan tidak merasa takut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dinamika burnout; Tawakal; Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:09
Last Modified: 27 Jan 2023 03:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19090

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics