Hubungan syukur dengan perilaku penerimaan diri pada korban body shaming mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri Walisongo Angkatan 2020

Erniawati, Anastasya (2022) Hubungan syukur dengan perilaku penerimaan diri pada korban body shaming mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri Walisongo Angkatan 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046005_ANASTASYA ERNIAWATI_Lengkap] Text (Skripsi_1804046005_ANASTASYA ERNIAWATI_Lengkap)
1804046005_ANASTASYA ERNIAWATI_TUGAS AKHIR. - Afifah Iftah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penampilan fisik menjadi faktor penting bagi setiap individu sebagai perwakilan identitas yang ingin ditunjukkan kepada orang lain dalam interaksi sosial. Sebagian orang membandingkan tubuhnya dengan visual atau stigma yang terbentuk dalam masyarakat. Komentar dan opini seseorang yang menilai fisik ideal terhadap orang lain, seringkali menjadi bumerang bagi orang yang mendapatkannya. Seringnya komentar yang didapatkan dari orang lain mengenai fisiknya, membuat seseorang jadi kurang memiliki rasa bersyukur terhadap fisiknya. Seseorang yang memiliki pola pikir untuk terus bersyukur adalah orang yang dapat menerima kondisi dirinya. Seseorang yang memiliki tingkat syukur yang tinggi, memiliki kecenderungan untuk lebih menerima keadaan dirinya jika dibandingkan dengan orang yang tidak bersyukur.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian studi korelasional dan dilaksanakan di Fakultas Ushuluddin dan Humanioran Universitas Islam Negeri Walisongo pada angkatan 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang terikat antara syukur dengan perilaku penerimaan diri pada korban body shaming di Fakultas Ushuluddin dan Humanioran Universitas Islam Negeri Walisongo pada angkatan 2020. Hasil korelasi menunjukkan adanya hubungan antara syukur dengan perilaku penerimaan diri pada korban body shaming berdasarkan data yang diperoleh nilai rhitung sebesar 0,560 dengan nilai Sig. sebesar 0,000 dan nilai rtabel sebesar 0,304. Artinya nilai rhitung (0,560) > nilai rtabel (0,304) maka HO ditolak dan Ha diterima. Artinya semakin tinggi rasa syukur yang dimiliki maka semakin tinggi pula penerimaan diri pada korban body shaming.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Syukur; Penerimaan diri; Body shaming
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 27 Jan 2023 03:16
Last Modified: 27 Jan 2023 03:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19091

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics