Pengaruh kebahagiaan dan muhasabah terhadap empati pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Istifadah, Afina (2022) Pengaruh kebahagiaan dan muhasabah terhadap empati pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046065_Afina Istifadah_LENGKAP] Text (Skripsi_1804046065_Afina Istifadah_LENGKAP)
1804046065_Afina Istifadah_LENGKAP TUGAS AKHIR - Afina Istifadah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kebahagiaan dan Muhasabah terhadap Empati pada Mahasiswa UIN Walisongo Semarang”. Empati merupakan kemampuan seseorang untuk merasakan, serta memahami apa yang dirasakan oleh orang lain. Empati sangat diperlukan dalam hubungan sosial, ketika seseorang memiliki kemampuan empati yang baik maka akan baik pula kehidupan sosialnya, begitu pula sebaliknya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan empati yang dimiliki seseorang, baik dari perasaan salah satunya kebahagiaan yang dimiliki serta bagaimana orang belajar salah satu caranya dengan bermuhasabah. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh kebahagiaan dan muhasabah terhadap empati.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UIN Walisongo yang aktif mengikuti organisasi yang bergerak sebagai relawan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert dan pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Uji Regresi ganda dengan program SPSS 25 for windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kebahagiaan secara parsial memiliki pengaruh terhadap empati ditunjukan dengan nilai P= 0,001<0,05. Variabel Muhasabah secara parsial berpengaruh terhadap empati, hal ini dibuktikan dengan nilai P = 0,005<0,05. Dan secara simultan nila P 0,002<0,05 yang berarti terdapat pengaruh antara kebahagiaan dan Muhasabah terhadap empati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kebahagiaan; Muhasabah; Empati
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:54
Last Modified: 30 Jan 2023 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19098

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics