Hubungan khauf dengan adversity quotient pada santri penghafal Al-Qur’an Pondok Pesantren Putri Manba’ul Hasanah Kalitengah Mranggen Demak

Wulandari, Taurina Widya (2022) Hubungan khauf dengan adversity quotient pada santri penghafal Al-Qur’an Pondok Pesantren Putri Manba’ul Hasanah Kalitengah Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046067_TAURINA WIDYA W_Lengkap] Text (Skripsi_1804046067_TAURINA WIDYA W_Lengkap)
1804046067_TAURINA WIDYA W_Lengkap Tugas Akhir - Taurina widya wulandari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pondok pesantren ialah suatu lembaga pendidikan yang telah berdiri sejak zaman dulu yang berbasis keislaman dan dalam kesehariannya mengkaji ilmu agama islam serta menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Sebagai seorang santri, terlebih bagi mereka yang sedang menghafalkan Al-Qur’an tentu banyak menemukan rintangan yang menghadang. Mereka yang menghafal dikenal sebagai orang yang memiliki kedekatan dengan Allah SWT serta memiliki sikap khauf yang muncul akibat sering berinteraksi dengan Al-Qur’an. Karena didalamnya terdapat sumber informasi tentang larangan dan perintah-Nya, serta informasi lainnya yang dikemas dengan bahasa yang indah dan tinggi. Dengan adanya sikap khauf yang tinggi maka akan memiliki hubungan dengan adversity quotient pada diri santri seperti halnya mengontrol, mengelola, mengambil tindakan, mengarahkan, berfikir dan mampu mengatasi rintangan dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara khauf dengan adversity quotient.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi. Subyek penelitian ini yaitu 35 santri. Pengumpulan data menggunakan skala likert. Selanjutnya data yang dikumpulkan melalui penyebaran skala. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment dengan bantuan program SPSS versi 24 for windows.

Hasil uji hipotesis, diketahui koefisien korelasi khauf dengan adversity quotient pada santri diperoleh nilai rxy= 0,638 dengan nilai signifikansi p= 0,000 dimana p < 0,01. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan khauf dengan adversity quotient pada santri penghafal Al-Qur’an, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Khauf; Adversity quotient; Pondok Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:00
Last Modified: 30 Jan 2023 03:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19099

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics