Pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil matematika materi fpb dan kpk belajar siswa kelas iv di MI Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Pati tahun pelajaran 2022/2023

Islami, Alfiatun Nur (2022) Pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil matematika materi fpb dan kpk belajar siswa kelas iv di MI Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Pati tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503096074_ALFIATUN NUR ISLAMI_Lengkap] Text (Skripsi_1503096074_ALFIATUN NUR ISLAMI_Lengkap)
1503096074_ALFIATUN NUR ISLAMI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hakekat manusia untuk senantia belajar, dalam kenyataannya proses pembelajaran sering memaksa siswa. Berdasarkan rasa minat dan interaksi antara siswa dan guru inilah, peneliti meneliti penggunaan model Quantum Teaching. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pada matematika kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan menggunakan kelas pembanding. Kelas kontrol sebagai pembanding. Sedangkan kelas eksperimen sebagai kelas yang diberi perlakukan Quantum Teaching. Penelitian ini dilakukan di MI Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Pati. Hasil yang didapatkan dengan uji t yaitu model pembelajaran Quantum Teaching(X) memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap hasil belajar peserta didik. 〖 t〗_hitungsebesar -7,71737 dan 〖 t〗_tabel sebesar 2,00E+00 maka 〖 t〗_(tabel )lebih besar dari 〖 t〗_hitung Dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya hasil belajar siswa dengan model quantum teaching berpengaruh atau berbeda dengan kelas yang tidak menggunakan model quantum teaching. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa, model pembelajaran quantum teaching memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi KPK dan FPB kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islamiyah Tanjunganom Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Quantum teaching; Hasil belajar; Kelas IV
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:25
Last Modified: 31 Jan 2023 01:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19112

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics